4 Cara Sehat Menaikan Berat Badan

Jakarta, Shoes and Care - Banyak kita dengar di sekeliling kita yang mengeluhkan berat badan berlebih. Namun tidak sedikit juga yang ingin memiliki bentuk badan ideal yang ingin menaikan berat badan. Masalah berat badan, baik itu berat badan berlebih atau berat badan yang di bawah normal dua-duanya dapat membawa kondisi kesehatan kita terancam. Maka itu diperlukan berat badan yang ideal agar kita hidup sehat. Berat badan ideal setiap orang akan berbeda karena tergantung oleh tinggi badan yang dimiliki. Kalian dapat menghitung Indeks Massa Tubuh atau BMI (body mass index) kalian dengan rumus berat badan kalian dalam kilogram dibagi dengan kuadrat tinggi badan dalam meter atau Kg : m2

Untuk menurunkan berat badan banyak cara diet sehat serta tips memilih makanan yang kita dengar. Sedangkan untuk menaikan berat badan, banyak orang yang berpikir hal ini hal yang mudah. Selain berolahraga secara rutin terkadang banyak diantara kita yang ingin menaikan berat badan makan sembarangan untuk dapat menaikan berat badan secara instan, sedangkan hal tersebut dapat mengancam kesehatan. Khusus kali ini kita akan membahas bagaimana cara sehat untuk menaikan berat badan agar kita dapat tetap sehat, berikut cara awal yang mudah untuk memulainya:

  • Hindari Rokok

Hindari merokok. Jika kalian merokok pertimbangkan untuk berhenti. Perokok cenderung memiliki berat badan yang dibawah orang yang bukan perokok dan sering kali dengan berhenti merokok dapat menyebabkan penambahan berat badan.

  • Hindari Begadang

Hindari begadang. Usahakan kalian memiliki tidur yang berkualitas. Memiliki jam tidur yang baik dan benar sangat penting untuk pertumbuhan otot tubuh. 

  • Atur dan Perbaiki Pola Makan

Usahakan makan tepat waktu. Jika pada piring makan kalian terdapat makanan yang terdiri dari protein, lemak dan kalori. Makanlah makanan padat kalori dan kaya protein terlebih daulu. Makanlah makanan berserat tinggi seperti sayuran mentah terakhir. Agar nutrisi dapat terserap dengan maksimal oleh tubuh. Jika kalian ingin makan hindari minum air putih sebelum makan karena akan dapat membuat perut terasa penuh dan dapat mempersulit kalian mendapat asupan kalori yang seharusnya.

  • Konsumsi Weight Gainer Shakes

Daripada mengkonsumsi cemilan tidak sehat lebih baik membuat minuman weight gainer shakes yang tinggi protein, karbohidrat dan kalori. Minuman smoothie protein buatan sendiri bisa menjadi cara yang sangat bergizi dan cepat untuk menambah berat badan. Variasi lezat yang dapat anda coba adalah mengkombinasikan 2 cangkir (470 ml) susu sapi murni, yoghurt atau susu kedelai jika kalian memiliki intoleransi laktosa dapat dicampurkan dengan 1 buah pisang yang telah dibekukan dan satu sendok makan selai kacang. Atau kalian dapat mengkombinasikan dengan buah-buahan lainnya seperti strawberry, alpukat atau blueberry tergantung selera. 

Jangan menggunakan supplement tanpa berkonsultasi dengan dokter karena dapat beresiko terhadap kesehatan kalian jika peggunaannya tidak tepat. Jangan mudah tergiur pada sesuatu yang instan karena hasilnya tidak akan baik. Semua butuh proses dan waktu begitupun dalam meningkatkan berat badan dan selalu imbangi dengan olahraga yang teratur. Yuk semangat hidup sehat !

Postingan terbaru