7 Sepatu Nike Paling Ikonik Sepanjang Masa!

Jakarta, Shoes and Care - Nike merupakan brand sepatu terbesar di dunia saat ini, bersaing dengan Adidas. Meskipun Nike berakar dari sebuah brand sepatu olahraga, tapi perkembangan zaman membawa sepatu ini untuk turut berkecimpung di dunia sneakers dan berkaitan erat dengan kultur pop dan street fashion. Hingga saat ini pun, Nike masih sangat aktif berkecimpung di kultur olahraga sekaligus menjadi salah satu pelopor tren sepatu untuk digunakan sehari-hari. Dalam artikel ini, Shoes and Care merangkum 7 sepatu Nike paling populer dan ikonik sepanjang masa yang membentuk legacy dari brand Nike itu sendiri!

Nike Cortez

Di urutan pertama sudah pasti ada Nike Cortez! Bisa dikatakan bahwa mungkin sepati ini merupakan sepatu paling kontroversial yang pernah ada. Nike Cortez adalah sepatu yang membantu membentuk dan membangun Nike dari awal berdiri sejak 1972 hingga saat ini. Sejarahnya sepatu ini berawal dari salah satu pendiri Nike, yaitu Phil Knight saat menjalankan Blue Ribbon Sports. 

Knight membantu mengimpor dan menjual sepatu Onitsuka Tiger dari Jepang ke Amerika Serikat. Melihat kesuksesan Tiger, Knight mengadaptasi sepatu Corsair Tiger dan menyebut sepatu ciptaannya Nike Aztec. Sayangnya, nama Aztec tidak melekat hingga diubah namanya menjadi Cortez. Nama Cortez sendiri diambil dari nama Hernan Cortes yang saat itu melakukan perlawanan kepada suku Aztec. Hingga saat ini, Nike Cortez dianggap menjadi pelopor sneakers di seluruh dunia dengan warna pallet yang melekat; yaitu putih, merah, biru dan hitam putih.

Nike Air Jordan 1 

Di urutan kedua ada Nike Air Jordan 1. Mungkin (hampir) semua orang sudah mengetahui kisah dibalik lahirnya sepatu ini yang tidak pernah lepas dari peran Michael Jordan didalamnya; Michael Jordan dipilih oleh Chicago Bulls sebagai third pick di NBA Draft 1984 dari University of North Carolina. Dia ingin menandatangani kontrak dengan Adidas, tetapi brand tersebut berfokus pada pemain dengan nama yang besar pada saat itu. Salah satu pendiri Nike, Phil Knight ,dan Sonny Vaccaro mengontrak Jordan dengan kontrak berdurasi lima tahun and the rest is history.

Hingga saat ini, Jordan 1 dipakai dari semua lapisan masyarakat. Mulai dari pemain NBA, artis, model, TikTokers, hingga orang-orang biasa. Jordan 1 edisi terbatas seperti kolaborasi dengan Solefly, Colette, dan Travis Scott banyak diidam-idamkan oleh para kolektor hingga 20 varian asli yang sampai sekarang masih dicari banyak orang. 

Nike Air Force 1

Sebelum sepopuler sekarang ini, pasti banyak yang tidak menyangka Air Force 1 ini sebenarnya ingin stop produksi pada tahun 1984. Hal ini berkat peran dari Harold Rudo, pemilik dari Cinderella Shoes dan Charley Rudo Sports store yang menganggap sepatu ini sangat diminati di Baltimore dan memaksa Nike tetap memproduksi sepatu ini secara massal. Hingga akhir tahun 80-an sepatu ini sangat populer bukan hanya di Baltimore, tapi di seluruh Amerika Serikat. Pada tahun 90-an Nike meluncurkan varian warna Air Force 1 paling populer sepanjang masa, yaitu white-on-white

Di negara Jepang sendiri, Air Force 1 sendiri menjadi sangat populer hingga mendapatkan adaptasi tersendiri. Contohnya seperti Air Force 1 yang disulap oleh Nigo dari brand A Bathing Ape menjadi “Bape Sta”. Hingga saat ini, Air Force 1 telah dirilis dalam warna, variasi bahan, bentuk, dan ukuran yang tak terhitung jumlahnya. 

Nike Air Max 1

Air Max 1 adalah sepatu legendaris yang memulai revolusi dalam desain sepatu olahraga. Dirilis oleh Nike pada tahun 1987, Air Max 1 diciptakan langsung oleh desainer legendaris Tinker Hatfield. Inspirasi desainnya datang dari Pompidou Centre di Paris yang menampilkan struktur terbuka sehingga memperlihatkan teknologi terbaru di sepatu ini.

Air Max 1 merupakan sepatu pertama yang memperkenalkan teknologi visible air cushioning pada bagian solnya dan menjadi sebuah revolusi di industri sepatu dengan menggabungkan antara sisi estetika dan inovasi teknologi. Air Max 1 menjadi simbol budaya sneakerhead dan terus menginspirasi desain sepatu modern saat ini. 

Nike Blazer

Nike Blazer merupakan sepatu basket dari Nike yang diluncurkan pada tahun 1973, nama ‘Blazer’ diambil dari nama Portland's Trail Blazers, tim NBA yang berbagi kota asalnya dengan Nike. Meskipun diluncurkan hampir bersamaan dengan Nike Cortez, Blazer tidak terlalu populer dibandingkan saudaranya itu. Blazer mulai mendapatkan atensi ketika dimasukan kedalam lini SB (Skateboarding) bersamaan dengan Nike Dunk.

Popularitas Nike Blazer semakin meroket berkat Virgil Abloh meluncurkan varian bernama Blazer Low x Off-White ™️. 

Nike Dunk

Sekilas, Nike Dunk tampak mirip dengan Nike Air Jordan 1. Namun, jika diperhatikan dengan jeli sepatu ini memiliki perbedaan yang cukup banyak dibandingkan Jordan 1 lho! Nike Dunk diperkenalkan pada tahun 1985 sebagai sepatu basket dan mendapatkan atensi yang luar biasa di kalangan skateboarder dan pecinta sneaker. Desainnya terinspirasi oleh Nike Terminator dan Air Jordan 1, menampilkan siluet yang kuat dan ikonik. Meskipun awalnya ditujukan untuk atlet basket, Dunk dengan cepat menjadi simbol ‘skena’ di kalangan para skater dan penggemar sepatu olahraga. Kolaborasi terkenal dan edisi khusus menjadikan Dunk sebagai ikon budaya sneaker. Varian "SB" (Skateboarding) menyesuaikan teknologi untuk memenuhi kebutuhan skateboarder. Dikenal dengan beragam warna dan desain yang menarik, Nike Dunk terus menginspirasi dan mempengaruhi tren mode.

Nike Waffle Racer

Nike Waffle Racer, bisa dikatakan core dari semua sepatu Nike berawal dari sepatu ini. Waffle Racer merupakan salah satu sneakers terbaik dari Nike yang pernah ada, bahkan Sebelum adanya Air Max, sebelum Air Jordan, sebelum Air Force 1.

Sejarah dari lahirnya Nike Waffle ini sudah pernah dibahas di beberapa artikel sebelumnya, namun memang ide dari Bill Bowerman yang membuat cetakan sol sepatu lari menggunakan waffle iron milik istrinya itu sangat unik. Tujuannya? Bowerman ingin menciptakan sensasi track spike tanpa beban logam yang dapat bekerja di banyak permukaan.

Berikut merupakan 7 sepatu paling ikonik dan penting sepanjang masa dari Nike versi Shoes and Care. Kalo menurut kamu, apa saja sepatu nike paling ikonik?

 

Postingan terbaru