Apa Yang Terjadi Apabila Salah Memilih Ukuran Sepatu?

Jakarta, Shoes and Care - Seringkali kesehatan kaki dianggap remeh dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Salah satu contohnya adalah memilih sepatu yang entah terlalu kecil atau tidak pas dengan ukuran dan bentuk kaki. Tahukah kamu bahwa memilih sepatu yang tidak sesuai dapat mengakibatkan dampak yang serius terhadap kesehatan kaki? Well, artikel ini bukan bermaksud untuk menakuti kamu. Tapi ketahuilah, ada beberapa dampak serius jika kamu tidak memilih sepatu dengan tepat dan memaksakan untuk memakainya. Apa saja dampak yang ditimbulkan?

Kapalan

Salah satu dampak kesehatan kaki yang paling sering dan paling cepat terjadi adalah timbulnya kapalan pada kaki. Seperti yang sudah pernah dibahas di artikel artikel sebelumnya, kapalan merupakan lapisan kulit yang menebal dan mengeras akibat gesekan dan tekanan secara konstan. Disini, kulit melakukan upaya perlindungan diri dari gesekan antara kulit dengan sepatu dan kapalan timbul karena pemakaian sepatu yang terlalu ketat. 

Bunion

Dampak selanjutnya ialah Bunion. Bunion adalah pembengkakan tulang yang terbentuk di bagian dasar ibu jari kaki, menyebabkan jari kaki bergeser ke arah jari kelingking. Hal ini sering disebabkan oleh tekanan berlebih pada sendi kaki, seperti pemakaian sepatu yang terlalu sempit atau faktor genetik. Gejalanya meliputi nyeri, kemerahan, dan kesulitan bergerak. Bunion bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat nyeri saat berjalan. Perawatan dapat meliputi pemakaian sepatu yang lebih nyaman, peregangan, obat pereda nyeri, atau dalam kasus yang parah, pembedahan untuk memperbaiki posisi tulang dan mengurangi ketidaknyamanan.

Hammer Toe

Masalah berikutnya yang berpotensi muncul adalah Hammer Toe. Hammer Toe sendiri adalah kondisi di mana salah satu atau lebih jari kaki telah menekuk secara tidak normal sehingga membentuk seperti palu. Kelainan ini disebabkan karena ketegangan berlebih pada otot dan tendon di kaki, yang juga bisa disebabkan oleh faktor genetik, cedera, atau pemakaian sepatu yang terlalu sempit. Gejala Hammer Toe meliputi rasa nyeri, kemerahan, hingga kesulitan menggerakkan jari kaki. 

Pertumbuhan Kuku Tidak Normal

Memilih sepatu yang terlalu kecil untuk kaki juga dapat menyebabkan kuku kaki tumbuh dengan tidak normal. Kuku akan tumbuh ke dalam mengarah ke daging, bukan tumbuh keluat seperti pada umumnya. Pastinya kamu sudah bisa menebak apa yang akan dirasakan, sudah pasti muncul rasa nyeri hingga bengkak di area yang terdampak. Pertumbuhan kuku abnormal ini umumnya terjadi karena tekanan yang berulang atau tertimpa alat berat. Namun bisa diperparah apabila kamu memakai sepatu yang terlalu sempit secara terus menerus.

Deformasi Bentuk Kaki

Memaksakan menggunakan sepatu yang terlalu sempit atau terlalu longgar dapat menyebabkan deformitas pada kaki, seperti jari kaki yang tertekuk atau jari kaki yang bertumpuk. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan timbul ketidaknyamanan. Selain itu, kejadian ini dapat menyebabkan masalah serius seperti bunions yang sudah dijelaskan di beberapa poin sebelumnya, atau neuroma Morton atau penebalan saraf di antara jari-jari kaki. 

Berikut dampak serius yang dapat terjadi apabila kamu salah menggunakan sepatu yang sesuai ukuran kaki mu. Kembali lagi, pembahasan artikel ini bukan untuk menakuti namun memberikan edukasi bahwa pilihlah sepatu yang memang cocok dan pas dengan ukuran kaki. Semoga bermanfaat!

 

Postingan terbaru