Apakah Separu Training Cocok Dipakai untuk Berlari?

Jakarta, Shoes and Care - Dalam beberapa tahun terakhir, sepatu lari mengalami perkembangan teknologi yang sangat advanced. Semakin berkembangnya zaman sepatu lari menjadi sepatu yang wajib dimiliki bukan hanya untuk atlet profesional saja, namun sampai ke pelari rekreasional. Dibalik perkembangan sepatu khusus lari yang semakin maju, masih banyak orang-orang yang berlari menggunakan sepatu training. Pertanyaannya, apakah sepatu training bisa digunakan untuk olahraga lari secara rutin? Mari kita bahas di artikel ini.

Karakteristik Sepatu Training

Sebelum menuju pertanyaan tersebut, akan lebih baik apabila sudah mengenal karakteristik dari sepatu training itu sendiri. Sepatu training pada umumnya dirancang untuk memberikan full support penggunanya dalam melakukan aktivitas fisik, termasuk latihan kekuatan dan kardio. Desain yang diadopsi sebagian besar sepatu training memiliki bantalan tambahan di bagian tumit dan tengah kaki untuk meningkatkan stabilitas selama aktivitas fisik.

Faktor Dukungan dan Stabilitas

Salah satu kelebihan yang dipunyai oleh sepatu training adalah dari segi stabilitas dan faktor dukungan dari sepatu ini. Dalam dunia olahraga dan kebugaran, sepatu training diakui karena kemampuannya menyediakan dukungan tambahan dan stabilitas yang diperlukan saat melakukan berbagai jenis latihan. Faktor ini utamanya berasal dari bagian sol dan desain bagian tengah kaki yang memang disesuaikan dengan kegiatan yang membutuhkan effort fisik lebih banyak. 

Apakah Cocok Dipakai Berlari?

Benar sekali, secara spesifiknya sepatu training tidak dirancang untuk olahraga berlari dan lebih dititikberatkan pada olahraga fisik lainnya seperti kardio. Namun, ada situasi dimana terkadang sepatu training menjadi layak dipertimbangkan dibandingkan sepatu khusus lari. Jika kamu lebih sering melakukan latihan kekuatan, cross-training, atau jenis latihan fisik lainnya, sepatu training dapat memberikan dukungan yang lebih baik daripada sepatu lari. 

Tapi jika kamu memang ingin serius berkecimpung di olahraga berlari dan berpartisipasi di olahraga berlari jarak jauh, sepatu lari tetap menjadi pilihan yang ideal dibandingkan sepatu training. Pasalnya, sepatu lari menyediakan bantalan dan dukungan yang memang sudah dirancang untuk mengurangi risiko cedera dan meningkatkan kenyamanan selama berlari.

Utamakan Pertimbangan Individu

Sebelum membeli sepatu, ada baiknya kamu juga paham bahwa setiap orang memiliki kebutuhan kaki yang unik. Beberapa orang mungkin merasa nyaman berlari menggunakan sepatu training, sementara beberapa orang mungkin perlu dukungan tambahan yang hanya ditawarkan oleh sepatu khusus lari. Seperti yang dibahas di beberapa artikel sebelumnya, sebelum memutuskan apakah akan menggunakan sepatu training untuk berlari ada baiknya kamu sudah mempertimbangkan gaya berlari, bentuk kaki, dan preferensi pribadi. Idealnya, seseorang harus mencoba beberapa pasang sepatu dan mendapatkan saran dari ahli sepatu olahraga untuk memastikan pemilihan yang tepat.

Mungkin bisa disimpulkan bahwa menggunakan sepatu training untuk olahraga berlari itu sah-sah saja, terutama jika seseorang merasa nyaman dan tidak mengalami masalah saat menggunakan sepatu training untuk berlari. Yang penting, pengguna sepatu apapun itu mengetahui akan kebutuhan unik dari aktivitas olahraga yang dijalani dan memilih sepatu yang sesuai dengan tuntutan spesifik tersebut.

 

Postingan terbaru