Bagaimana Memilih Sepatu Lari Yang Sesuai?

Jakarta, Shoes and Care - Kalau kamu hobi melakukan olahraga berlari, pastinya kamu memerlukan sepatu lari dong. Hingga saat ini, sepatu lari memiliki variasi teknologi dan disertai harga yang sangat beragam. Mulai dari harga yang paling murah dengan teknologi yang simple, hingga sepatu lari dengan harga yang mahal dengan teknologi yang sangat advanced. Namun pertanyaannya, apakah sepatu lari dengan harga yang mahal serta teknologi yang wahid tersebut sudah pasti baik? Tentunya ada beberapa alasan mengapa kamu perlu menyesuaikan antara kebutuhan untuk aktivitas berlari kamu dengan kebutuhan lainnya. Lalu, apa yang harus diperhatikan ketika membeli sepatu lari? Simak penjelasannya dibawah ini!

Mahal Belum Tentu Sesuai!

Seperti yang disampaikan di pembukaan artikel ini, sepatu lari sangatlah beragam. Sepatu lari dengan harga yang mahal tentunya memiliki teknologi-teknologi terbaru yang ditemukan melalui penelitian dengan harga yang tidak murah juga. Namun perlu ditegaskan bahwa, sepatu lari yang aman dan nyaman tidak selalu yang harganya paling mahal. Sepatu lari dengan harga yang mahal tentu ada nilainya dan itu tergantung dari setiap orang yang memakainya. 

Saat memilih sepatu lari, sangat disarankan untuk mencocokkan sepatu dengan varian kaki kamu. Selain itu, pilihlah sepatu lari yang sesuai dengan gaya lari dan preferensi kesehatan yang kamu miliki untuk mencegah cedera serta meningkatkan kenyamanan serta berlari. Jadi, bukan karena semakin mahal sepatu maka pemakainya akan memiliki performa yang makin baik ya. Tapi, pilihlah sepatu lari yang memang benar-benar sesuai dengan preferensi berlari kamu. 

Apa Yang Harus Dimiliki Sepatu Lari?

Sepatu lari yang baik harus memiliki pelindung pada bagian tumit, lengkungan sepatu yang mendukung, serta tapak yang sesuai dengan jenis permukaan tempat kamu berlari. Sebagai contoh, sepatu untuk lari di aspal berbeda dengan sepatu untuk lari di alam bebas (trail). Jadi dari sini kamu juga harus bisa memperkirakan preferensi tempat mu berlari, apakah lebih suka berlari di trek yang halus seperti jalan aspal atau trek yang berbatu dan memerlukan daya cengkram yang lebih tinggi. Selain itu, pilihlah sepatu lari dengan ringan dan memiliki sirkulasi udara yang baik agar dapat mengurangi terjadinya gesekan dan iritasi. Pastikan bahwa sepatu lari kamu cocok dengan kebutuhan spesifik kamu.

Lalu, bagaimana dengan pemilihan antara sepatu lari dengan carbon plate dengan full cushion? Pilihan antara carbon plate dan full cushion sebagian besar tergantung pada preferensi individu, tujuan lari, dan kenyamanan pribadi. Beberapa orang mungkin lebih memilih sepatu dengan kombinasi fitur, seperti sepatu yang memiliki bantalan yang cukup tetapi juga dilengkapi dengan teknologi carbon plate. Tetapi biasanya sepatu dengan carbon plate lebih cocok digunakan untuk kompetisi dan pelari dengan pace yang cepat. Sebaliknya, jika kamu lebih sering melakukan aktivitas olahraga berlari sebagai kegiatan refreshing dan latihan sehari-hari, kamu lebih cocok menggunakan sepatu full cushion.

Mengapa Memilih Sepatu Lari Yang Sesuai Itu Penting?

Tentunya memilih sepatu yang sesuai juga tidak bisa sembarangan. Desain dan penggunaan pada sepatu merupakan alasan yang sangat subjektif untuk sebagian besar orang, namun sangat baik apabila kamu memilih sepatu dalam sudut pandang yang objektif dan sesuai dengan realita yang kamu hadapi. Beberapa alasan tersebut diantaranya ialah:

A. Pencegahan Cedera

Setiap pelari memiliki gaya lari yang berbeda-beda. Sebuah sepatu dirancang untuk mendukung gaya lari tertentu untuk mencegah terjadinya cedera pada kaki seperti tendonitis, fasciitis plantar, dan masalah lainnya. Sepatu lari yang dipakai, apabila tidak sesuai dengan gaya berlari si penggunanya, tentunya akan menyebabkan ketidakseimbangan dan stres berlebih pada beberapa bagian kaki yang menopang aktivitas berlari.

B. Kenyamanan

Pilihlah sepatu yang dirasa nyaman dan tidak membuat kaki kamu lecet atau terluka. Gunanya? Tentu saja mencegah rasa tidak nyaman saat berlari dan membuat lari kamu lebih baik. Kesehatan kaki dan kenyamanan selama aktivitas fisik dapat memotivasi seseorang untuk tetap aktif.

C. Mengurangi Rasa Lelah

Dengan memilih sepatu yang tepat, kamu dapat mengurangi risiko kelelahan dan ketegangan pada kaki, lutut, dan pinggul. Sepatu yang sesuai dapat menyerap kejutan dan memberikan support yang sesuai saat melakukan aktivitas berlari. Dengan demikian, sepatu tersebut dapat memaksimalkan perannya untuk mengurangi tekanan berlebih pada sendi dan otot.

\

Dapat disimpulkan bahwa banyak pertimbangan yang harus kamu pikirkan sebelum meminang sebuah sepatu lari, semoga dengan informasi diatas kamu tidak kebingungan lagi dalam memilih sepatu lari. Setelah selesai menggunakan sepatu lari, pastikan sepatu kamu mendapatkan perawatan yang baik setelah pemakaian ya. Ingat perawatan sepatu, ingat Shoes and Care!

Postingan terbaru