Bagaimana Mengatasi Rasa "Mager" Saat Ingin Olahraga?

Jakarta, Shoes and Care - Siapa yang disini pernah sangat sangat bertekad untuk melakukan olahraga secara rutin, eh, pas mau ngejalaninnya malah “mager”? Pasti banyak dong, termasuk penulis artikel ini sendiri! Terkadang kita sudah niat dan tekad untuk berolahraga secara rutin, entah itu berlari, gym, atau olahraga lainnya seperti futsal dan basket. Tapi ketika sudah mendekati waktu untuk olahraga tersebut tiba-tiba dilanda rasa malas yang pada akhirnya batal melakukan kegiatan olahraga tersebut. Seperti yang kita sepakati bersama, olahraga itu sangat penting untuk tubuh agar tetap sehat, bugar serta terjaga berat dan daya tahannya. Jika tidak rutin melakukan olahraga, tubuh akan selalu terasa lemas dan gampang terserang penyakit. Maka itu, berikut tips agar kamu bisa terhindar dari rasa mager saat ingin melakukan olahraga. Yuk di cek!

Tentukan Goal Utama Kamu

Poin pertama dan penting adalah kamu harus menentukan tujuan kamu berolahraga, apakah untuk meningkatkan kebugaran tubuh, menurunkan berat badan, atau hanya ingin meningkatkan energi tiap harinya? Well, hanya kamu yang tau. Tapi, menentukan goal atau tujuan sebelum melakukan olahraga bisa menjadi motivasi kamu untuk “terbakar” agar mau dan niat melakukan olahraga. Coba sesekali kamu bertanya pada diri sendiri, apa tujuan kamu berolahraga. Maka kamu akan menemukan semangat yang membara ketika kamu sudah tahu jawabannya.

Set Jadwal dan Peralatan yang Memadai

Ketika niat dan tujuan olahraga sudah terbangun, saatnya kamu untuk rutin set jadwal olahraga serta mempersiapkan peralatan yang memadai. Aktivitas olahraga kamu akan lebih terstruktur dengan adanya jadwal serta membawanya menjadi sebuah rutinitas baru. Selain itu, lengkap atau tidaknya peralatan olahraga bisa mempengaruhi sugesti kamu lho! Percaya atau tidak, menyiapkan peralatan yang memadai juga menjadi salah satu cara supaya tidak malas olahraga dan secara tidak langsung mendorong kamu untuk lebih semangat berolahraga.

Jangan Terburu-Buru, Santai Saja!

Salah satu kesalahan dari orang yang ingin melakukan olahraga adalah terlalu terburu-buru dan ingin melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Sebaiknya, mulailah secara perlahan dan jangan terlalu diforsir porsi olahraganya. Contohnya ketika kamu ingin melakukan olahraga berlari, kamu bisa mulai dari berjalan seperti pada umumnya, ketika tubuh sudah mulai berkeringat kamu bisa mulai jogging secara perlahan. Tidak perlu cepat, yang penting konsisten. Kamu bisa menerapkan kebiasaan ini agar nantinya kamu bisa lebih konsisten dalam menjalankan rutinitas olahraga. 

Coba Beberapa Variasi Olahraga

Setiap manusia pasti ada rasa bosannya, dan itu tidak terbantahkan. Misalkan kamu rutin berolahraga lari, pasti lambat laun akan terasa bosan dan akhirnya malas untuk rutin olahraga lagi. Untuk mengatasi hal tersebut, kenapa tidak mencoba olahraga-olahraga baru? Dengan melakukan beberapa variasi olahraga baru, rasa bosan bisa teratasi karena kamu bersemangat mencoba hal-hal baru. Contohnya ketika kamu sudah mulai jenuh dengan berlari, kamu bisa menambahkan dengan rope jumping atau bahkan melakukan olahraga anaerobik. Percaya deh, aktivitas olahraga yang beragam bisa membuat kamu lebih bersemangat!

Ajak Teman dan Keluarga

Selain berolahraga mandiri, kamu juga bisa mengajak teman ataupun keluarga kamu untuk berolahraga bersama. Siapa tau kamu bisa mendapatkan tips dan arahan dari sudut pandang teman atau keluarga kamu entah itu teknik berolahraga, pernapasan, dan macam-macam tips olahraga lainnya, begitu juga sebaliknya. Olahraga yang baik adalah olahraga yang bisa membuat kita merasa senang dan terbantu untuk menjalankan hidup lebih baik lagi. Tapi olahraga sendiri tidak salah juga kok, namun akan lebih menyenangkan apabila kamu mengajak beberapa orang terdekat untuk sehat bersama. 

Self Reward? Harus!

Ketika kamu mencapai satu target yang berhasil dicapai, tidak ada salahnya untuk memberika self reward kepada diri sendiri lho! Anggap saja, self reward ini merupakan pertanda bahwa kamu bisa melewati semua tantangan dan siap melewati berbagai tantangan lainnya. Self reward ini juga bisa kamu anggap bahwa olahraga itu menyenangkan dan setiap milestones memiliki hadiah nya sendiri seperti makanan yang kita suka, alat olahraga baru, atau bahkan gadget baru? Terserah padamu. Sama seperti di game yang dimana ketika kita berhasil menyelesaikan misi, tentunya kita akan mendapatkan reward seperti barang keren hingga uang. Coba deh kamu terapkan sesuai dengan porsi latihanmu, buatlah aktivitas mencari keringat ini menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan kedepannya. 

Buat Playlist Musik Untuk Menemani Olahraga

Biar olahraga nya makin semangat, kamu bisa nih sambil ditemani playlist lagu kesukaan kamu. Secara sadar ataupun tidak sadar, lantunan musik bisa mengurangi sugesti perasaan capek kita selama olahraga lho! Pilihlah lagu yang enerjik dan bisa membakar semangat, kalau pilih lagu galau nanti bukannya semangat olahraga malah gagal move on nih!

Itulah beberapa tips buat kamu yang ingin menghilangkan rasa mager ketika akan melakukan kegiatan olahraga. Ingat ya, semua berawal dari niat dan disiplin yang baik. Jika kedua hal tersebut bisa kamu terapkan, maka semua aktivitas akan terlewati dengan baik dan bermanfaat bagi kamu dan tubuh kamu. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Postingan terbaru