Bulking atau Cutting: Mana yang Sesuai untuk Kamu?

Jakarta, Shoes and Care - Dalam dunia kebugaran dan pembentukkan otot tubuh pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Bulking dan Cutting. Selain menjadi topik yang selalu diperbincangkan, keduanya merupakan strategi yang bertujuan untuk pembentukkan goal fisik yang berbeda juga. Penjelasan sederhananya, bulking merupakan strategi untuk fokus kepada peningkatan massa otot serta kekuatan dari otot. Sementara itu, cutting merupakan strategi olah tubuh dengan tujuan mengurangi lemak agar otot lebih terlihat. Nah, pemilihan antara bulking dan cutting sebenarnya tergantung dari preferensi kamu seperti apa dan keadaan tubuh kamu saat ini. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan artikel dibawah ini!

Bulking

Pertama, kita mulai dari mengetahui definisi bulking itu sendiri. Jadi bulking merupakan strategi dimana kamu mengkonsumsi kalori lebih banyak dibandingkan yang kamu bakar saat olahraga dengan tujuan meningkatkan massa otot. Fokus utama dari bulking itu sendiri adalah pada asupan kalori dan pemenuhan kebutuhan protein yang tinggi pada tubuh untuk mendukung pertumbuhan pada otot. Latihan kekuatan dan resistensi menjadi menu latihan yang wajib dari program bulking untuk menjamin kelebihan kalori tersebut digunakan sebagai bahan bakar membangun massa otot daripada disimpan menjadi lemak. 

Benefit dari bulking itu sendiri adalah peningkatan dari massa otot itu sendiri secara signifikan, hasilnya tubuh menjadi lebih besar dan lebih kuat. Program ini cocok bagi orang yang memang memiliki tujuan menambah massa otot dengan dasar kebugaran yang memadai dalam menghadapi latihan yang intens. Namun perlu kamu catat bahwa selalu ada kemungkinan adanya peningkatan lemak tubuh, maka itu program bulking perlu dipantau secara ketat dari asupan kalori dan pembagian nutrisi untuk meminimalisir penumpukan lemak. 

Cutting

Berbeda dengan bulking, cutting merupakan program dimana kamu mengkonsumsi kalori lebih sedikit dari kebutuhan tubuh pada umumnya sehingga tubuh membakar lemak sebagai sumber energi. Tujuan utama dari program cutting adalah mengurangi lemak pada tubuh sehingga otot lebih terlihat jelas. Program cutting melibatkan perpaduan antara diet kalori, kardio dan juga latihan resistensi.

Benefit dari cutting utamanya adalah mencapai bentuk tubuh yang lebih terdefinisi serta meningkatkan estetika otot. Program cutting menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menonjolkan hasil latihan kekuatan dan meningkatkan rasio otot terhadap lemak tubuh. Namun, ada catatan juga dari program cutting. Cutting memiliki potensi untuk kehilangan massa otot apabila dilakukan dengan tidak hat-hati, maka itu program ini memerlukan perencanaan nutrisi yang tepat untuk memastikan kebutuhan protein tetap terpenuhi dan proses pembakaran lemak tidak membahayakan massa otot.

Bagaimana Memilih Antara Keduanya?

Sampai sini pasti akan ada dilemma di hati, pilih program bulking atau mulai cutting? Sebenarnya kembali lagi ke tujuan kamu untuk membentuk tubuh seperti apa, tingkat kebugaran saat ini, preferensi personal. Jika kamu memulai dengan kondisi tingkat lemak tubuh yang cukup tinggi, mungkin akan lebih baik untuk memulai dari fase cutting terlebih dahulu untuk mencapai dasar kebugaran yang lebih baik sebelum mempertimbangkan ke program cutting. Tapi jika kamu memiliki tujuan utama untuk membentuk massa otot dan memperbesar tubuh, program bulking lah yang kamu harus lakukan. Namun pastikan kamu melakukan program ini dengan bertanggung jawab serta rajin memonitor asupan kalori dan nutrisi secara cermat.

Melakukan Siklus Bulking dan Cutting Secara Seimbang

Ada beberapa orang yang memilih untuk mengadopsi siklus bulking dan cutting secara bergiliran. Jadi mereka menghabiskan beberapa bulan untuk melakukan program bulking, lalu diikuti oleh periode cutting untuk mengendalikan lemak tubuh yang telah terkumpul. Situasi ini dapat membantu mencapai keseimbangan antara meningkatkan massa otot dan pemeliharaan estetika tubuh yang baik.

Penting nih! Jika kamu ingin menggabungkan dua program ini, sangat amat disarankan untuk berkonsultasi dengan pelatih kebugaran atau ahli gizi yang dapat memberikan panduan secara lebih spesifik berdasarkan keadaan tubuh dan tujuan personal kamu.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa tidak ada pendekatan yang satu ukuran cocok untuk semua dalam dunia olahraga kebugaran. Program bulking atau cutting merupakan strategi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dari masing-masing individu. Dari sini, tentukan tujuanmu dengan jelas, pertimbangkan kondisi tubuh saat ini, dan pilihlah program yang sesuai dengan gaya hidup dan preferensi kamu. Selama perjalanannya, bisa jadi kamu menemukan fakta bahwa kombinasi bulking dan cutting dalam siklus yang terencana adalah pendekatan yang paling efektif untuk mencapai tubuh yang sehat dan bugar. Semangat olahraga!

 

Postingan terbaru