Faktor Yang Mempengaruhi Usia Pemakaian Sepatu

Jakarta, Shoes and Care - Sepatu umumnya memiliki umur dan jangka pemakaian tertentu yang harus kamu ketahui. Seperti lagu band Peterpan “Tak Ada Yang Abadi”, tidak ada sepatu yang tidak memiliki batas usia apalagi sepatu yang memang digunakan dengan intensitas sehari-hari. Seiring waktu dan pemakaian, tentunya sepatu akan mengalami keausan dan berangsur-angsur kehilangan daya tahan mereka. Pertanyaannya, berapa lama sih usia pemakaian dari sebuah sepatu? Berapa lama pemakaian sepatu hingga harus diganti? Mari kita bahas faktor-faktor yang mempengaruhi usia pemakaian sebuah sepatu.

Frekuensi dan Intensitas Pemakaian

Frekuensi dan intensitas dari pemakaian merupakan faktor kunci dari seberapa lama usia pemakaian dari sebuah sepatu. Sepatu akan mengalami keausan yang lebih cepat apabila digunakan sehari-hari, terutama dalam kegiatan yang memerlukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki atau berdiri dalam waktu lama. Hal yang sama juga terjadi di sepatu olahraga, seperti sepatu lari, sepatu basket, dan sepatu olahraga lainnya. 

Sepatu olahraga cenderung mengalami tingkat keausan lebih cepat daripada sepatu pada umumnya apabila digunakan secara kontinu, hal ini disebabkan sepatu olahraga sering mendapatkan tekanan yang lebih besar pada bahan dan struktur sepatu dibandingkan sepatu non-olahraga. Mungkin tips yang bisa kamu terapkan ialah melakukan rotasi terhadap beberapa sepatu dan juga membedakan antara sepatu khusus untuk olahraga dengan sepatu yang digunakan untuk sehari hari. Rotasi sepatu menjadi sangat penting disini karena sepatu yang dirotasi memiliki waktu pemakaian yang lebih lama serta memberinya waktu untuk pulih dan kembali ke strukturnya seperti semula.

Bentuk Kaki dan Gaya Berjalan

Seperti yang kita ketahui, setiap kaki manusia memiliki bentuk yang berbeda dan gaya berjalan yang berbeda pula. Orang dengan lengkungan kaki tinggi ataupun rendah mungkin memerlukan sepatu dengan support yang berbeda. Gaya berjalan yang tidak efisien atau tidak alami juga dapat menyebabkan keausan yang tidak merata pada sepatu. Ada baiknya, sebelum memilih sepatu yang ingin dibeli kamu sudah mengetahui bentuk kaki dan gaya berjalanmu seperti apa. Selain itu, kamu bisa berkonsultasi dengan ahli sepatu apabila memiliki masalah khusus pada kaki.

Kualitas Material dan Konstruksi

Sepatu yang terbuat dari material berkualitas tinggi serta dirancang dengan konstruksi yang baik cenderung memiliki umur pemakaian yang lebih lama. Berlaku juga sebaliknya, sepatu yang terbuat dari material berkualitas rendah dan melalui tahapan produksi yang buruk tentunya  memiliki tingkat keausan dan daya tahan yang jelek. Disinilah kamu harus mempertimbangkan bahwa “ada harga ada kualitas”. Sepatu dengan kualitas yang lebih tinggi merupakan investasi untuk jangka pemakaian yang lebih panjang. Selain itu, kamu juga harus dengan cermat memeriksa material dan konstruksi pada sepatu sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sepatu tersebut.

Penggunaan Pada Berbagai Jenis Permukaan 

Ternyata, permukaan yang dilalui oleh sepatu kamu juga memiliki andil dalam panjang tidaknya usia pemakaian sepatu lho! Penggunaan sepatu pada permukaan yang kasar dan tidak rata cenderung mengakibatkan sepatu menjadi gampang aus dan tidak bertahan lama, sedangkan penggunaan yang lebih dominan kepada permukaan halus atau di dalam ruangan justru membuat usia pemakaian sepatu lebih panjang. Maka itu, yang harus kamu perhatikan ialah pilih sepatu yang memang sesuai dengan keseharian atau aktivitas yang kamu jalani. Jika memang lebih sering di luar ruangan dengan permukaan yang tidak rata, kamu bisa memilih sepatu dengan sol yang lebih tebal seperti sepatu trail. Kamu juga bisa melakukan perawatan dengan cara membersihkan sepatu secara rutin untuk menghindari kerusakan bahan pada sepatu.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa usia pemakaian dari sebuah sepatu utamanya ditentukan oleh empat faktor diatas karena tidak ada yang pasti dalam usia pemakaian dari sebuah sepatu. Dengan mengetahui empat faktor tersebut, harusnya kamu sudah tau dan sudah memperkirakan estimasi yang lebih baik tentang kapan sepatu sebaiknya diganti. Tidak ada salahnya juga apabila kedepannya sepatu harus diganti karena sudah aus dan tidak nyaman karena intensitas pemakaian. Kenapa? Karena sepatu kodratnya untuk dipakai, bukan untuk dipajang. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Postingan terbaru