Manfaat Olahraga Kardiovaskular Bagi Tubuh

Jakarta, Shoes and Care - Olahraga kardio, atau frasa singkat dari kardiovaskular, pada dasarnya merupakan segala sesuatu aktivitas yang membuat darah kamu terpompa. Kamu bisa dikatakan melakukan aktivitas kardio ketika kamu sedang berlari, menari, atau bahkan membawa belanjaan dari pasar. Jadi, selama aktivitas detak jantungmu meningkat, kamu telah meningkatkan aktivitas kardio kamu sendiri. Menurut U.S. Department of Health and Human Services (HHS), kita sangat dianjurkan untuk melakukan setidaknya 150 menit latihan kardio sedang seperti jalan cepat atau 75 menit aktivitas berat seperti berlari setiap minggunya. Tentunya, aktivitas olahraga ini memiliki banyak peran positif bagi tubuh. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak artikel ini ya!

Membuat Darah Terpompa

Melakukan latihan kardio secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Bagaimana bisa? Sama seperti ketika kamu melakukan biceps curl yang melatih otot lengan, latihan kardio menantang jantung kamu untuk bekerja lebih keras dan melatihnya agar lebih kuat. Dengan begitu,darah   dapat bergerak dan menyebar secara lebih efisien ke seluruh tubuh. Pasalnya, penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian secara global. Maka itu, dengan rutin berlatih olahraga kardio akan mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular. 

Menurunkan Tekanan Darah

Seperti beberapa hasil penelitian kesehatan, olahraga merupakan kunci utama untuk mengobati dan mencegah terjadi hipertensi, atau tekanan darah tinggi. Hipertensi sendiri dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, aneurisma, gagal jantung, atau bahkan demensia. Melakukan aktivitas olahraga, termasuk latihan kardio, secara konsisten dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi. Upaya ini juga berguna untuk segera menurunkan tekanan darah sistolik selama hampir 24 jam. 

Memperkuat Sistem Imun

Satu manfaat jangka panjang dari olahraga kardio adalah memperkuat sistem kekebalan atau imun tubuh. Melakukan olahraga intens seperti kardio dapat membantu menjaga sel darah dan sitokin agar tetap sehat. Perlu kamu ketahui bahwa kedua komponen tubuh ini adalah kunci regulasi sistem kekebalan tubuh.

Mengurangi Stres Berlebih

Poin ini bukan bersifat subjektif, namun sebagian besar orang setelah melakukan olahraga memiliki perasaan yang lebih cerah saat berkeringat. Mengapa demikian? Olahraga melepaskan endorfin pada tubuh, yaitu hormon yang memberikan kamu perasaan gembira. Olahraga merupakan cara yang terjangkau dan non-invasif untuk membantu mengobati dan mencegah terjadinya kecemasan, depresi, dan gangguan mental lainnya. Fyi, tingkat stres yang tinggi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Dengan rutin berolahraga, kamu dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh dalam kondisi yang lebih baik.

Mempertahankan Berat Badan!

Sudah pasti dan tidak bukan, olahraga kardio secara rutin dapat menjaga berat badan mu tetap optimal lho! Menurut artikel dari wel greatist.com, melakukan olahraga kardio tanpa perubahan pola makan apa pun sudah menyebabkan penurunan berat badan selama periode 10 bulan pada pria dan wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas. Jadi, kamu bisa menurunkan berat badan hanya dengan berolahraga di treadmill setiap hari dan berolahraga seperti biasa. Namun, usaha ini akan lebih sukses jika kamu juga menerapkan kebiasaan makan bergizi.

Menjaga Kesehatan Otak

Olahraga kardio bukan hanya untuk kesehatan tubuh kamu saja, tapi juga untuk kesehatan otak. Olahraga intens seperti kardio dapat membantu kamu meningkatkan ingatan yang lebih tajam serta  kinerja otak yang lebih baik. Bahkan, olahraga rutin seperti kardio dapat membantu melindungi otak dari penurunan kognitif yang mulai muncul sekitar usia 45 tahun. Efektifnya, latihan kardio yang intens meningkatkan protein di otak kamu yang disebut BDNF (Brain-Derived Neurotrophic Factor). Seiring meningkatkan protein ini, kamu akan merasa adanya peningkatkan kemampuan untuk berpikir, belajar, dan membuat keputusan.

Itulah beberapa manfaat dari olahraga kardiovaskular bagi tubuh kamu. Pada dasarnya, manusia sangat perlu untuk menjaga pola kesehatannya dari olahraga, makanan, hingga kebiasaan sehari-hari. Maka, olahraga kecil-kecilan pun sangat berpengaruh sebagai awal mula gaya hidup sehat kamu. Percaya deh, hidup sehat itu nikmat banget!

 

Postingan terbaru