manfaat Pendinginan Setelah Berolahraga

Jakarta, Shoes and Care - Dalam mengusung gaya hidup sehat, olahraga merupakan kegiatan yang wajib banget kamu terapkan sehari-hari. Selain dibarengi dengan pola makan yang baik, melakukan olahraga secara rutin juga menjadi kunci meningkatkan kebugaran dan kesehatan pada tubuh. Pada saat kita melakukan olahraga, tubuh mengalami beberapa perubahan seperti peningkatan suhu tubuh, peningkatan denyut jantung, serta otot yang bekerja keras. Sayangnya, masih banyak yang mengabaikan untuk melakukan pendinginan setelah melakukan olahraga, padahal pendinginan merupakan satu tahapan penutup yang krusial dalam rangkaian aktivitas olahraga. Setelah melakukan pendinginan, tubuh akan mendapatkan beberapa manfaat dan mempercepat pemulihan tubuh. Mari kita bahas!

Menurunkan Suhu Tubuh

Salah satu manfaat dari pendinginan adalah menurunkan suhu pada tubuh setelah melakukan aktivitas fisik yang berat. Pasalnya selama olahraga tubuh kamu mengalami peningkatan suhu tubuh yang signifikan, jika tidak melakukan pendinginan akan berpotensi meningkatkan resiko cedera dan ketegangan berlebih pada otot. Maka itu, pendinginan itu sangat penting dilakukan setelah olahraga. Pendinginan dapat membuat tubuh kembali ke suhu yang normal secara perlahan dan mencegah terjadinya cedera pada otot.

Mengurangi Pusing dan Rasa Kelelahan

Pernahkah kamu setelah olahraga merasa pusing dan seperti hilang kendali? Nyatanya olahraga dengan intensitas yang tinggi tanpa melakukan pendinginan setelahnya dapat membuat tubuhmu merasa sangat kelelahan dan akan merasa pusing, bahkan mungkin muntah. Apa penyebabnya? Olahraga dengan intensitas yang tinggi menyebabkan peningkatan tekanan pada sistem kardiovaskular tubuh, apabila tidak melakukan pendinginan akan menyebabkan tekanan darah akan menurun tajam. Melakukan pendinginan akan membantu tubuh untuk istirahat secara perlahan dan terhindar dari rasa kelelahan dan pusing. Jadi ga tengsin deh!

Mengurangi Resiko Cedera Otot

Otot mengalami kontraksi dan pemanjangan yang intens saat tubuh melakukan olahraga. Selain itu, otot juga mengalami mikrotrauma atau kerusakan-kerusakan kecil. Jika tidak diberi kesempatan kembali ke situasi semula, otot pada tubuh akan sangat berpotensi mengalami cedera yang sangat tidak nyaman. Pendinginan yang melibatkan gerakan dinamis dan statis dapat membantu tubuh untuk istirahat dan mencegah terjadinya cedera tersebut. 

Selain mencegah terjadinya cedera pada otot, rutin melakukan pendinginan setelah olahraga dapat mempercepat pemulihan otot. Dengan memberikan waktu untuk pendinginan, aliran darah yang meningkat membantu membawa nutrisi dan oksigen ke otot-otot yang membutuhkan, hasilnya otot akan pulih lebih cepat dan akan bertumbuh. 

Meningkatkan reflek gerak dan fleksibilitas

Peregangan dan gerakan-gerakan saat pendinginan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas otot dan ruang gerak persendian. Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan otot dan sendi, persendian juga dapat meningkatkan performa atlet dengan menambah ruang gerak yang lebih besar saat melakukan olahraga atau sedang berkompetisi.

Menjaga Kondisi Jantung

Seperti yang telah dijelaskan di poin-poin sebelumnya, kegiatan olahraga dengan intensitas yang tinggi melibatkan peran sistem kardiovaskular yang tinggi pula. Melakukan pendinginan setelah olahraga secara perlahan dapat membantu jantung kembali ke ritme normal dan mengurangi resiko komplikasi kardiovaskular setelah melakukan aktivitas fisik yang tinggi.

Bisa disimpulkan bahwa pendinginan memiliki peran yang sangat penting dalam rangkaian aktivitas olahraga. Maka itu, berilah tubuh kesempatan untuk diberi pendinginan untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Postingan terbaru