Mengapa Champions League Sangat Digemari di Seluruh Dunia?

Jakarta, Shoes and Care - Sepak bola telah berkembang pesat dan menjadi olahraga yang paling dicintai di seluruh dunia. Dalam benua eropa sendiri, sepak bola menjadi olahraga yang paling banyak ditonton dengan antusiasme yang tinggi. Semua bermula dari satu keompetisi sepak bola paling bergengsi di benua tersebut, kejuaraan itu bernama Champions League. Liga ini menjadi kejuaraan yang sarat akan gengsi dan menjadi tolok ukur keberhasilan suatu klub mengukir prestasi. Selaku badan sepak bola tertinggi di Benua Eropa, Union of European Football Associations atau UEFA telah menciptakan kompetisi ini dengan game and rules yang sangat kompetitif. Artinya, tidak sembarangan klub di Eropa yang dapat tampil menjadi peserta Champions League. Pertanyaannya, mengapa Champions League begitu populer hingga seluruh dunia? Dan mengapa kejuaraan ini menjadi tolok ukur prestasi yang penting bagi klub yang bertanding? Simak artikel nya berikut ini!

Sekilas Tentang Champions League

Mari kita bahas sedikit sejarah dari kompetisi bergengsi ini. UEFA Champions League adalah adalah sebuah kompetisi kejuaraan sepak bola antarklub yang UEFA dan diikuti oleh klub dari liga atau divisi tertinggi Eropa. Kompetisi ini merupakan salah satu turnamen paling bergengsi di dunia dan kompetisi antarklub paling penting di sepak bola Eropa Kompetisi ini hanya diikuti oleh juara liga dari masing-masing negara Uni Eropa, selain itu kompetisi ini diikuti juga oleh juara kedua hingga urutan empat besar untuk beberapa negara dari setiap asosiasi nasional anggota UEFA. Champions League mulai diperkenalkan sejak tahun 1992, sebelumnya kompetisi ini bernama Piala Champions Eropa atau European Cup yang telah bergulir sejak 1955. Champions League diperkenalkan dengan menambahkan babak penyisihan grup ke dalam kompetisi dan memungkinkan masuknya beberapa klub dari beberapa negara tertentu. 

Bagaimana format pertandingan di Champions League? 

Babak Grup Champions League terdiri dari delapan grup berisi empat tim yang diundi secara acak. Keempat tim memainkan turnamen saling berhadapan satu sama lain dan dua tim yang mengumpulkan poin terbanyak di setiap grup maju ke babak penyisihan. Dalam babak penyisihan ini, sudah terdiri dari 16 tim yang lolos dalam fase grup. 16 tim ditempatkan dalam bagan pertandingan melalui pengundian acak dan akan memainkan dua leg pertandingan untuk maju ke babak berikutnya.

Tim yang mencetak lebih banyak gol agregat dalam dua pertandingan akan maju ke babak selanjutnya. Kedua tim akan bermain hingga perpanjangan waktu jika agregat gol imbang, kemudian akan dilanjutkan dengan babak adu penalti apabila skor masih tetap imbang. Untuk babak final, pertandingan hanya dilakukan sekali dan diselenggarakan stadion dan negara yang telah ditentukan UEFA.

Bagaimana Tim Bisa Lolos ke Champions League?

Simpel saja, tim yang berhasil memenangkan liga domestik negaranya sudah pasti akan lolos mengikuti kompetisi ini. Meskipun begitu, nyatanya ada 15 liga sepak bola di Eropa yang memasukkan banyak tim ke kompetisi berdasarkan posisi mereka di klasemen musim sebelumnya. Dilansir dari sportscasting.com, liga Eropa yang memasukkan banyak tim ke Champions League adalah:

4 Tim - Spanyol, Inggris, Jerman, Italia

3 Tim - Prancis, Portugal

2 Tim - Belgia, Ukraina, Belanda, Turki, Austria, Denmark, Skotlandia, Rep. Ceko

Selain tim-tim yang menjuarai atau menduduki klasemen atas dari liga domestiknya, tim yang memenangkan UEFA Europa League musim sebelumnya secara otomatis lolos ke Champions League musim depan. Sekilas info, UEFA Europa League adalah kompetisi kasta kedua di bawah Champions League. Rusia juga merupakan negara yang mengirimkan dua tim nya ke Champions League, namun akibat konflik yang sedang berlanjut dengan Ukraina untuk sementara ini semua tim dari Rusia dilarang untuk bertanding di kompetisi ini. 

Mengapa Champions League Begitu Populer dan Penting Bagi Tim Eropa?

 

Prestasi dan Kehormatan

Bermain di kompetisi ini merupakan impian dan suatu kehormatan di antara para pemain sepak bola. Champions League merupakan kasta kompetisi tertinggi dalam sepak bola eropa hingga dunia dan hanya tim terbaik yang bisa berkompetisi disini. Bermain di kompetisi  ini juga tidak menjamin tim bisa menang dengan mudah. Pasalnya, semua tim yang bermain di Champions League pasti akan memberikan penampilan yang terbaik.

Atmosfer Pertandingan yang Spektakuler

Suasana semasa pertandingan di Champions League memang tiada duanya. Bayangkan kamu berada di venue pertandingan dan mendapati suasana riuh yang diciptakan oleh teriakan keras penggemar yang mendukung tim favoritnya. Ditambah pemutaran anthem dari Champions League yang membuat merinding di kalangan penggemar olahraga.

Faktor-faktor ini yang menciptakan suasana Champions League yang disukai semua pemain top. Ditambah adanya pemain sepak bola yang berkualitas tinggi, membuat penonton berteriak semakin keras saat pemain mencetak gol.

Menjadi Contoh bagi Olahraga Lain

Model format permainan Champions League membuat pemain yang bertanding di kompetisi ini merasa menikmati permainan di level teratas. Format ini yang pada akhirnya diterapkan di olahraga lain untuk membuat liga yang kompetitif. Terbukti, model format ini berhasil diterapkan di kompetisi lain dengan perolehan uang terbesarnya berasal dari hak siar dan televisi. Dengan format ini, uang dari iklan dan sponsor yang masuk sangat tinggi. Contohnya NFL dengan kompetisi Super Bowl nya dan olahraga Amerika lainnya yang memandang model format tersebut sebagai tolok ukur untuk kompetisi olahraga mereka.

Kompetisi Perbandingan Antar Negara

Champions League merupakan satu-satunya kompetisi dimana klub sepak bola dari negara A bertanding melawan klub sepak bola negara B. Hal ini tentu menarik untuk dilihat karena gaya bermain sepak bola yang berbeda antara kedua negara dan masing-masing dari mereka bersaing untuk melihat mana yang lebih baik.

Momen Menyatukan Komunitas Sepak Bola Dunia

Sepak bola adalah olahraga yang bisa menyatukan penggemarnya selama masa-masa sulit. Para penggemar olahraga sepak bola dari berbagai agama dan ras berkumpul untuk mendukung klub sepak bola di Champions League. Saat mendukung klub tersebut, para penggemar seketika melupakan ras mereka dan menyanyikan lagu anthem klub mereka dengan suara paling keras dan mendukung dengan sepenuh hati.

Contohnya fans Liverpool atau Manchester United yang ada di Indonesia. Meskipun para pendukung ini tidak berasal dari Inggris, namun mereka tetap mendukung klub mereka masing-masing dengan sepenuh hati. Tidak jarang penggemar antar klub saling melempar ejekan dan cacian, namun itulah bagian paling seru menjadi suporter klub sepak bola. Meskipun saling ejek, mereka  tetap menghormati antar suporter klub tanpa mengaitkan dengan ras ataupun agama.

 

Berikut penjelasan mengenai Champions League, kompetisi ini merupakan laga pembuktian klub sepak bola menjadi yang terbaik di dunia. Jadi, tim favorit kamu apa nih untuk Champions League 2023-2024 mendatang?

 

Postingan terbaru