Mengapa 'Dad Shoes' Kembali Populer Saat Ini?

Jakarta, Shoes and Care - Fenomena sepatu dengan panggilan 'dad shoes' masih rame digunakan di kalangan anak-anak gaul nih! Banyak pecinta sneakers ataupun fashion yang pastinya memiliki sepatu jenis ini entah untuk daily beater hingga collector item. Secara garis besar, fenomena ini tidak lepas dari dunia fashion yang selalu mengalami perubahan dan evolusi. Padahal dulunya sepatu ini dianggap kuno dan diidentifikasi dengan gaya bapak-bapak masa lalu, kini dad shoes menjadi salah satu item wajib dalam dunia fashion streetwear. Sebenarnya apa sih alasan utama dad shoes kembali digemari dalam dunia fashion? Bahas yuk!

Nostalgia Trend 90-an

Salah satu alasan utama mengapa dad shoes kembali digemari dalam skena streetwear adalah adanya rasa nostalgia pada trend masa 90-an. Sebenarnya fenomena dad shoes ini sendiri sudah muncul sejak dekade 80-an, namun fenomena ini mengalami masa kejayaannya mulai di dekade 90-an. Jika kamu lihat secara seksama, kebanyakan dad shoes yang beredar memiliki desain yang sederhana dan sol yang tebal. Pasalnya dad shoes ini memang dirancang untuk mengejar sisi kenyamanan dan fungsionalitas, dibandingkan mengejar alur tren yang berubah-ubah seiring waktu. Jika dinilai secara subjektif, mungkin saja orang-orang yang memakai dad shoes di masa sekarang ini ingin berada dalam dimensi nostalgia dan dipadukan dengan tren streetwear di zaman sekarang. Kalau orang-orang bilang sekarang, “kalcer”!

Faktor Kenyamanan

Salah satu aspek utama yang membuat dad shoes kembali populer digunakan adalah faktor kenyamanan yang ditawarkan. Sol tebal dan desain yang ergonomis membuat dad shoes memberikan support yang luar biasa untuk kaki dan memberikan rasa nyaman bahkan setelah penggunaan yang lama. Kenyamanan yang dimiliki dad shoes ini sangat kontras dengan tren sepatu yang lebih sempit dan ramping sehingga kurang nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Kanye West Effect?

Banyak sumber yang mengatakan bahwa Kanye West lah yang telah mempopulerkan kembali tren dad shoes dalam skena fashion streetwear. Seiring dengan kepopuleran lini sepatu Yeezy, Kanye West juga turut mempopulerkan tren dad shoes ini dengan memamerkan deretan koleksi dad shoes miliknya. Selain itu, Kanye West juga ada kontribusi dalam tren ini melalui Yeezy Boost 700 yang menjadi salah satu pendorong utama kepopuleran dad shoes. 

Hasilnya? Banyak selebriti dunia yang ikut-ikutan mengikuti tren dad shoes dan mereka pakai untuk kebutuhan di panggung ataupun kegiatan sehari-hari. Sejak banyak selebriti dunia hingga lokal banyak yang mengadopsi tren ini, bisa dibilang dad shoes menjadi salah satu barang fashion primadona dan menjadi barang yang diincar untuk dikoleksi.

Streetwear dan Retro Fashion

Fenomena tren dad shoes sangat cocok dimasukkan ke dalam mode streetwear dan retro fashion. Mengapa begitu? Pada dasarnya dad shoes berhasil mengadopsi gaya klasik namun dengan desain modern, menciptakan kombinasi penampilan yang unik dan menarik. Brand-brand besar seperti Balenciaga, Nike, Asics dan New Balance berhasil melahirkan kembali koleksi dad shoes mereka, menggabungkan unsur-unsur retro dengan teknologi terbaru yang tidak mengurangi kenyamanannya.

Ugly Fashion Sebagai Daya Tarik

Tren ‘ugly fashion’ juga perlahan-lahan muncul seiring berkembang pesatnya tren dad shoes. Sepatu-sepatu dengan desain yang dianggap kurang estetis seperti sepatu pada umumnya menjadi pilihan utama bagi seseorang yang ingin mengekspresikan gaya unik dan berbeda dibanding lainnya. Karakteristik dan bentuk dad shoes yang memiliki sol tebal dan desain yang unik menjadi sebuah bukti bahwa estetika dapat ditemukan juga dalam bentuk-bentuk yang tidak biasa.

Bisa disimpulkan bahwa tren dad shoes ini berkembang seiring dengan perubahan pandangan terhadap mode yang lebih inklusif dan bersifat ekspresif. Hasilnya? Kita bisa melihat bahwa tren ini, atau tren fashion secara keseluruhan, bukan hanya gejala atau kejadian yang bersifat sementara. Kita bisa melihat bahwa perkembangan tren yang berulang-ulang ini menjadi bagian penting dalam evolusi berpakaian yang diselaraskan secara harmonis di masa modern ini. Semoga informasi ini bisa meyakinkan kamu untuk menjadi ‘kalcer’ sesungguhnya!

Postingan terbaru