Mengenal Istilah Break-In Pada Sepatu

Jakarta, Shoes and Care - Umumnya, ketika kamu membeli sepatu baru pastinya harus ada penyesuaian agar sepatu menjadi nyaman saat digunakan. Istilah penyesuaian sepatu baru biasanya dinamakan dengan “break-in”. Lalu, apa itu break in dan apa pengaruhnya terhadap sepatu kamu? Simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu “Break In”?

Istilah "break-in" merujuk pada proses penyesuaian sepatu dengan kaki penggunanya. Sebagian besar sepatu, terutama yang terbuat dari bahan kulit alami atau material kaku lainnya, membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan bentuk kaki dan tipikal gerakan dari penggunanya. Proses break in melibatkan penyesuaian bentuk, dan kenyamanan sepatu seiring waktu digunakan. Ada  beberapa alasan mengapa sepatu harus break in agar nyaman digunakan, yaitu:

  • Meningkatkan kenyamanan. Proses break-in membantu sepatu menyesuaikan diri dengan struktur dan gerakan kaki penggunanya. Hal ini memungkinkan sepatu menjadi lebih nyaman seiring waktu dan pemakaian.
  • Mencegah lecet. Break-in dapat mencegah terjadinya luka lecet pada kaki. Saat sepatu telah menyesuaikan diri dengan bentuk kaki, risiko terjadinya lecet atau luka karena gesekan dapat berkurang.
  • Peningkatan Performa. Pada studi kasus sepatu olahraga, break-in dapat meningkatkan performa atlet yang menggunakan sepatu olahraga tersebut. Sepatu yang sudah mengalami break-in dapat membantu para atlet bergerak dengan lebih leluasa.

Tips Mempercepat Break-In Pada Sepatu

Nah, setelah mengetahui apa alasan pentingnya break-in pada sepatu pastinya kamu mencari tahu bagaimana mempercepat proses break-in pada sepatu mu. Tips tersebut antara lain:

1. Gunakan Kaos Kaki yang Tepat

Memilih kaos kaki yang tepat dapat membantu mempercepat proses break-in pada sepatu. Pilih kaus kaki yang sesuai dengan ketebalan dan bahan sepatu kamu. Jika kamu menggunakan sepatu olahraga, pilih kaus kaki yang dirancang khusus untuk aktivitas fisik yang berat.

2. Gunakan Pengatur Bentuk Kaki

Pengatur bentuk kaki atau sepatu peregangan dapat membantu sepatu menyesuaikan diri dengan bentuk kaki kamu. Sebelum menggunakan sepatu, masukkan pengatur bentuk kaki dan biarkan selama beberapa jam untuk membantu meregangkan dan melenturkan bahan sepatu.

3. Gunakan Pemanas atau Pengering Rambut

Pemanas atau pengering rambut dapat membantu melunakkan bahan sepatu, terutama pada sepatu kulit. Panaskan sepatu dengan pengering rambut selama beberapa menit, kemudian kenakan sepatu sambil sepatu masih hangat. Trik ini akan membantu sepatu menyesuaikan diri dengan bentuk kaki kamu lebih cepat.

4. Gunakan Pelumas atau Minyak Kulit

Minyak kulit khusus atau pelumas sepatu dapat digunakan untuk memperlunak dan melembutkan sepatu kulit. Oleskan secara merata pada bagian-bagian sepatu yang cenderung kaku atau menggosok pada kaki kamu.

5. Kenakan Sepatu Selama Aktivitas Ringan

Gunakan sepatu saat melakukan aktivitas ringan atau sehari-hari untuk membantu proses break-in, tapi hindari penggunaan sepatu secara intensif pada awalnya. Ini memungkinkan sepatu beradaptasi secara bertahap tanpa menyebabkan rasa tidak nyaman pada kaki.

6. Beri Waktu Istirahat

Setelah beberapa jam pemakaian, beri waktu istirahat pada sepatu untuk kembali ke bentuk semula. Hindari penggunaan terus-menerus agar sepatu memiliki waktu untuk menyesuaikan diri tanpa risiko deformasi.

Jadi, proses break-in pada sepatu merupakan satu langkah penting untuk meningkatkan kenyamanan dan memperpanjang masa pakai sepatu. Proses ini melibatkan sabar dan perawatan, tetapi hasilnya dapat membuat perbedaan yang besar dan meningkatkan kenyamanan sepatu selama kamu memakainya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Postingan terbaru