Pentingnya Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

Jakarta, Shoes and Care - Kegiatan olahraga merupakan kegiatan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar disela-sela kegiatan sehari-hari. Olahraga sendiri terdiri dari tiga tahapan, yaitu pemanasan, olahraga inti, serta pendinginan. Pemanasan adalah tahapan pertama yang sangat penting dilakukan sebelum ke tahapan olahraga inti. Pasalnya, tubuh kita perlu melakukan penyesuaian terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas olahraga inti. Sebagai langkah awal untuk mengoptimalkan pergerakan tubuh, maka pemanasan sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Menurut publikasi Competitive Edge Physical Therapy, aspek untuk pemanasan yang tepat meliputi:

  • Persiapan fisiologis.
  • Persiapan psikologis.
  • Pencegahan cedera.
  • Peningkatan performa.

Menurut American Heart Association (AHA), durasi pemanasan sebelum olahraga yang direkomendasikan adalah lima hingga 10 menit. Praktisi Chiropractor, Alexander Duma, dalam liputannya bersama Livestrong.com merekomendasikan untuk melakukan pemanasan dengan intensitas rendah hingga sedang. Jangan pernah melakukan pemanasan secara berlebihan hingga tubuh terasa lelah dan napas mulai berat, pada dasarnya pemanasan bertujuan untuk meningkatkan detak jantung sehingga tubuh dapat berkeringat sedikit.

Pemanasan bisa dilakukan dengan melakukan gerakan-gerakan ringan, gerakan tersebut bisa berupa peregangan atau stretching statis dan dinamis. Selain membuat tubuh ‘panas’, pemanasan sebelum olahraga juga bisa melatih kelenturan tubuh, menjadikan otot tidak kaku, dan yang terpenting: mencegah terjadinya cedera. Lalu, apa saja manfaat-manfaat lainnya dari pemanasan sebelum kita melakukan aktivitas olahraga? Simak penjelasannya di bawah ini!

 

Manfaat Pemanasan Sebelum Aktivitas Olahraga

Meskipun pemanasan mungkin tidak banyak membantu dalam membakar kalori atau membangun otot, namun aktivitas ini sangat penting agar tercapai kegiatan olahraga yang aman, nyaman, dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, manfaat pemanasan ialah:

1. Mencegah Terjadinya Cedera

Cedera merupakan mimpi buruk bagi semua orang yang ingin melakukan olahraga, terlebih lagi cedera otot. Otot adalah salah satu anggota tubuh yang memiliki peran penting dalam melakukan aktivitas olahraga, otot tubuh dalam kondisi normal biasanya masih kaku dan dingin. Maka itu apabila kita melakukan kegiatan yang berat secara tiba-tiba, otot akan terkejut dan berisiko membuatnya jadi cedera pada otot. Karena itulah pentingnya melakukan pemanasan sebelum olahraga. Pasalnya, kegiatan pemanasan dapat meningkatkan aliran darah ke otot. Suhu otot yang lebih tinggi dari biasanya dapat membuat otot dan ligamen jadi lebih lentur. Dengan melakukan pemanasan, kita bisa terhindar dari risiko otot kram, terkilir, bahkan otot robek.

2. Menjaga Kesehatan Sendi dan Tulang

Selain otot, melakukan pemanasan sebelum aktivitas olahraga dapar menjaga kesehatan sendi dan tulang. Mengapa demikian? Karena dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu mampu meningkatkan rentang gerak sendi serta memelihara kinerja dan fleksibilitasnya. Sendi merupakan bagian yang menghubungkan dua tulang atau lebih dan memiliki fungsi dalam pergerakan tubuh. Untuk kegiatan olahraga yang banyak bertumpu pada sendi lutut, pemanasan juga dapat menstimulasi pelumas-pelumas di bagian sendi lutut sehingga ruang gerak nya lebih luas. 

3. Detak Jantung Lebih Stabil

Pemanasan sebelum olahraga bertujuan untuk menjaga detak dan ritme kerja jantung lebih stabil. Latihan fisik yang berat membuat aliran darah jadi meningkat. Apabila dilakukan secara mendadak tanpa melakukan pemanasan, maka dapat membuat jantung yang sedang mengaliri darah menjadi terkejut dan membuat detak jantung tidak beraturan. Yang lebih parah lagi, penyaluran darah sangat minim dapat menimbulkan risiko sakit kepala dan mual. Maka dari itu, melakukan pemanasan berguna untuk meningkatkan kinerja jantung serta aliran darah lainnya secara bertahap. Jadi, detak jantung akan lebih stabil dalam melakukan olahraga.

4. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Otot yang hangat bisa membuat kita bergerak lebih leluasa. Tubuh menjadi lebih fleksibel, meningkatkan ketepakan dan kecepatan refleks dari tubuh kita. Tubuh yang sudah melakukan pemanasan akan mulai terbiasa dengan aktivitas fisik yang ringan atau berat sekalipun, Sementara tubuh yang kaku tanpa melakukan pemanasan pasti tak akan nyaman bila diajak melakukan berolahraga berat.

5. Melatih Kesiapan Mental

Selama melakukan pemanasan, kita juga bisa sambil mempersiapkan mental dan melatih fokus untuk aktivitas olahraga inti. Pemanasan bisa menjadi transisi keadaan atau kondisi perasaan seseorang sebelum olahraga berat. Pemanasan yang memiliki intensitas lebih rendah daripada olahraga inti membuat mental seseorang jadi lebih terlatih secara bertahap untuk menghadapi rasa lelah tersebut.

 

Nah, berikut manfaat dari kegiatan pemanasan sebelum olahraga. Setelah melakukan olahraga inti, jangan lupa untuk melakukan  pendinginan. Jika kita tiba-tiba berhenti olahraga tanpa melakukan pendinginan, kita akan mengalami pusing karena detak jantung dan tekanan darah akan turun dengan cepat.

Selamat berolahraga!

 

Postingan terbaru