Perbedaan Antara Sepatu Basket Indoor vs Outdoor

Jakarta, Shoes and Care - Sepatu basket, bisa dibilang sepatu olahraga ini merupakan salah satu sepatu yang memiliki desain-desain yang sangat unik dengan warna-warna yang sangat ‘nyeleneh’ dari berbagai brand yang membuatnya. Sebut saja contohnya Nike Cosmic Unity, Melo MB.02, Jordan Tatum 2 dan berbagai jenis dan nama-nama sepatu basket yang beredar di pasaran dan memiliki desain unik, keren, dan eye catchy. Namun pembahasan artikel ini bukan membahas mengenai desain sepatu basket nih, tetapi artikel ini membahas perbedaan antara sepatu basket yang dikhususkan untuk lapangan indoor dan juga lapangan outdoor. 

Yes! Bagi kamu yang masih awam, sepatu basket memang memiliki dua sepatu yang disesuaikan dengan jenis lapangannya. Sebelum memilih sepatu basket yang ingin dibeli, jenis arena lapangan basket menjadi salah satu faktor penting yang harus di pertimbangkan. Sepatu basket indoor dan sepatu basket outdoor memiliki perbedaan dalam desain, bahan, dan sol yang digunakan karena keduanya harus menyesuaikan dengan kondisi permainan yang berbeda. Maka itu, mari kita bedah perbedaan keduanya!

Sol (Outsole)

Pembeda pertama antara sepatu basket indoor dengan outdoor ialah dari sol nya. Sol sepatu basket indoor memang dirancang untuk memberikan traksi yang kuat terhadap permukaan lantai lapangan yang halus, contohnya lantai parket atau vinyl. Selain itu, sepatu basket indoor memiliki pola permukaan guratan yang dangkal. 

Sedangkan, sepatu basket outdoor memang dibuat untuk menanggung kondisi luar ruangan yang lebih kasar. Contohnya seperti aspal atau lapangan basket outdoor pada umumnya. Berbeda dengan sepatu basket indoor, sol pada sepatu basket outdoor sering kali lebih tebal dan memiliki pola gurat yang lebih dalam untuk memberikan traksi yang baik di permukaan yang kasar. 

 Bahan Upper

Pembeda antara dua sepatu beda alam ini ialah bahan upper yang digunakan. Sepatu basket untuk indoor umumnya memiliki upper yang lebih ringan dan lebih fleksibel, bahkan seringkali sepatu basket indoor terbuat dari bahan-bahan sintetis atau mesh untuk meningkatkan masuknya sirkulasi udara ke dalam sepatu. 

Sedangkan sepatu basket outdoor cenderung memiliki upper yang lebih tahan lama dan kuat. Upper pada sepatu basket outdoor kebanyakan juga terbuat dari bahan-bahan yang dapat menahan aus akibat gesekan dengan permukaan luar yang lebih kasar.

Dempul 

Pembeda selanjutnya ialah dari dempul si sepatu basket itu sendiri. Sebagai contoh, mostly sepatu basket untuk indoor memiliki dempul yang lebih ringan dibandingkan sepatu basket untuk outdoor. Alasannya karena sepatu basket indoor memang difokuskan untuk peningkatan responsivitas dan tipikal permainan yang cepat. Namun, berbeda kondisinya dengan sepatu basket yang memang diperuntukan lapangan outdoor.

Untuk sepatu basket outdoor, sepatu ini memiliki dempul yang lebih tebal sehingga bobotnya lebih berat dibandingkan sepatu basket indoor. Dempul yang lebih tebal ini bersifat lebih tahan lama dan bertujuan untuk melindungi kaki dari benturan serta kondisi luar ruangan yang lebih keras.

Bobot

Dari segi bobot, kedua sepatu berbeda lapangan ini tentunya juga memiliki perbedaan. Untuk sepatu basket indoor, bobotnya tentu lebih ringan dibandingkan sepatu basket outdoor. Alasan utama mengapa sepatu basket indoor lebih ringan adalah sepatu ini memang terfokuskan untuk mendukung high maneuvering dan high responsivity dari si pengguna sepatu tersebut, jadinya sepatu basket indoor ini memang sangat enak dan cocok untuk dipakai drive melewati lawan pemain. 

Lain halnya dengan sepatu basket outdoor. Sepatu basket outdoor memiliki bobot yang sedikit lebih berat karena perlu memberikan perlindungan ekstra dan daya tahan terhadap kondisi lapangan outdoor yang cenderung lebih keras dan kasar. 

Harga

Perbedaan terakhir antara sepatu basket indoor dan sepatu basket outdoor adalah dari segi selisih harga keduanya. Sepatu basket outdoor, karena harus lebih tahan lama dan kokoh, memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan sepatu basket indoor yang hanya terfokuskan pada desain dan bobot yang lebih ringan dibandingkan sepatu basket outdoor.

Meskipun sepatu basket indoor dan outdoor memiliki perbedaan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, namun beberapa sepatu basket dapat digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan. Beberapa model sepatu basket telah dirancang untuk menyatukan karakteristik untuk kedua tipe lapangan yang memungkinkan si pengguna dapat beralih antara lapangan indoor dan outdoor tanpa masalah. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan sepatu basket indoor secara terus menerus di lapangan luar dapat mengakibatkan keausan lebih cepat dan penurunan kinerja dari sepatu itu sendiri. Sebaliknya, sepatu basket outdoor mungkin kurang sesuai untuk lapangan indoor karena sol yang lebih kasar dapat merusak lantai indoor yang halus. Jadi, akan lebih baik apabila kamu membeli sepatu basket yang memang sesuai dengan tempat dimana kamu bermain. Semoga informasi ini bermanfaat!

Postingan terbaru