Rekomendasi Jalur Trekking di Pulau Bali!

Jakarta. Shoes and Care - Pulau Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang kaya akan tempat wisata. Menjelajahi Bali dengan cara yang berbeda akan memberikan kesan wisata dan pengalaman yang lebih berkesan. Banyak pilihan rekreasi wisata di Bali, seperti menyusuri pantai, mengunjungi berbagai pura, hingga melakukan petualangan dengan melalui jalur trekking. 

Menurut situs Oxford Dictionaries, aktivitas trekking adalah kegiatan melakukan perjalanan panjang dengan berjalan kaki di mana jalur yang dilalui biasanya panjang dan sulit untuk dilewati sehingga lebih menantang. Trekking membawa seseorang untuk menjelajahi alam dengan berjalan kaki dan memberikan pengalaman langsung dari lokasi-lokasi indah yang mungkin tidak dapat diakses oleh banyak orang.

Nah, Bagi kamu yang suka jalan kaki sambil menyusuri medan petualangan menyusuri alam bebas pulau dewata, berikut beberapa wisata trekking di Bali yang dapat dijadikan alternatif wisata alam terbaik!

Gunung Batur

Wisata dan jalur trekking paling terkenal di Bali saat ini adalah Gunung Batur. Gunung aktif ini memiliki ketinggian 1.717 mdpl dan berlokasi di Kecamatan Kintamani, Bangli. Mayoritas wisatawan yang berkunjung biasanya ingin menikmati panorama alam dari gunung Batur dan danau Batur. Sangat disarankan untuk melakukan sunrise trekking ketika mengunjungi Gunung Batur, dimana pemandangan sunrise ini bisa kamu jumpai ketika kamu mendaki jalur trekking saat dini hari. 

Gunung Batur tidak terlalu tinggi, Sehingga perjalanan trekking hanya butuh waktu kurang lebih 2 jam. Jalur trekking Gunung Batur jalur trekking di Bali yang cocok untuk pemula. Meskipun begitu, tetap sarankan menggunakan jasa pemandu untuk kamu yang baru pertama kali melakukan trekking.

Desa Sambangan

Destinasi wisata trekking di Bali selanjutnya adalah Desa Sambangan. Desa ini memiliki area hutan lindung, persawahan, serta pemandangan alam yang khas. Topografi dari Desa Sambangan juga menarik untuk trekking dan berpetualang. sebelah utara terdapat area datar, namun beberapa bagian lainnya memiliki area yang curam. Desa Sambangan berada di ketinggian 500 hingga 1.020 mdpl dengan kemiringan lereng sekitar 40 derajat. Anda yang suka dengan kegiatan petualangan akan menikmati suasana di desa ini.

Menariknya, ada juga wisata air terjun di sekitar Desa Sambangan. Tidak hanya satu, namun ada tujuh air terjun. Diantaranya adalah Air Terjun Dedari, Canging, Cemara, Aling-Aling, Kroya, Pucuk, dan Air Terjun Kembar. Jika kamu memiliki waktu yang cukup lama untuk berpetualang di desa ini, kamu bisa menyambangi dan mencoba merasakan mandi di muara air terjun tersebut.

Gunung Batukaru

Jalur trekking selanjutnya yang bisa kamu coba adalah trekking di Gunung Batukaru yang berada di Tabanan. Gunung tertinggi kedua di Pulau Bali yang terletak di Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan ini memiliki tinggi 2.276 mdpl dan termasuk gunung yang tidak aktif. Suasana pendakiannya melewati pepohonan rindang di sepanjang jalur, serta iringan suara burung dan berbagai satwa liar lainnya yang menemani sepanjang perjalanan.

Ketika sudah sampai di puncak gunung, kamu akan menemukan sebuah pura bernama pura Pucak Kedaton. Pura ini disebut sebagai pura tertinggi di Bali dan menjadi pura suci di sana. Medan pendakian Gunung Batukaru sendiri lumayan berat dan cukup terjal karena harus menyusuri hutan belantara yang luas dan licin. Maka itu, disarankan mendaki bersama pemandu agar tidak tersesat

Bukit Campuhan

Bukit Campuhan terletak di kawasan Ubud dan menjadi salah satu destinasi jalur trekking yang menarik kamu coba. Jalur bukit ini menawarkan pemandangan hamparan persawahan dan hijau khas pedesaan. Bukit Campuhan diselimuti dengan lembah yang cukup landai dan dipenuhi dengan banyak rumput ilalang. Selama melewati jalur trekking yang sudah disediakan, kamu akan disuguhi pemandangan alam perbukitan dan juga sungai yang cantik.

Selain bisa digunakan untuk jalur trekking, kawasan wisata Bukit Campuhan ini juga memiliki sarana jalur sepeda untuk menyusuri jalur persawahan. Tempat ini cocok untuk kamuyang suka olahraga kecil-kecilan, refreshing sejenak sambil menikmati alam yang hijau.

Hutan Alas Merta Jati

Ada lagi jalur trekking di Bali dengan menyusuri hutan seperti menyusuri hutan tropis yang rindang, namanya Hutan Alas Merta Jati yang terletak di Desa Tamblingan, Buleleng. Sekedar informasi, hutan ini disakralkan oleh empat desa masyarakat hukum Adat Dalem Tamblingan di Kabupaten Buleleng. Selama menyuruhi hutan asri ini, kamu akan mendapatkan kesan petualangan alam yang berbeda karena wilayahnya sangat asri dan tersembunyi.

Menariknya lagi, hutan tropis ini bersebelahan dengan Danau Tamblingan yang dikelilingi 13 pura peribadatan. Kamu harus menyiapkan tenaha ekstra karena jalur trekking yang dilalui akan banyak mendaki dan menurun sehingga akan sangat menguras tenaga.

Gunung Agung

Terakhir, ada jalur trekking menuju Gunung Agung. Gunung Agung merupakan gunung aktif tertinggi di Bali dengan ketinggian 3.142 mdpl. Terletak di kawasan Karangasem, wisata trekking Gunung Agung juga kebanyakan dilakukan untuk mengejar momen sunrise atau matahari terbit. Ada beberapa jalur yang bisa kamu lewati untuk trekking, diantaranya melewati Jalur Pura Pasar Agung, Jalur Hidden Forest, Jalur Kedampal, Jalur Edelweiss, Jalur sewarung gawe puregae (SGP), Jalur DBS Trekking Centre, Jalur Pucang, Jalur Pura Lawangan dan Jalur Pura Pengubengan.

Jalur Pura Pasar Agung menjadi jalur favorit bagi para pendaki di sana. Walaupun sedikit terjal, tetapi jalur tersebut merupakan jalur tercepat yang bisa ditempuh untuk menuju puncak dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam. Sementara, jalur lainnya bisa menempuh waktu hingga 7 jam bahkan lebih. Jalur trekking di Gunung Agung hampir tidak ada jalur yang landai untuk dilewati, maka itu kamu perlu untuk mempersiapkan fisik sebelum mendaki ke gunung ini ya!

Itulah beberapa wisata trekking di Bali. Jika sepatu kamu kotor dan rusak karena melakukan aktivitas trekking, kamu bisa percayakan Shoes and Care. Kamu bisa kunjungi Shoes and Care Bali di Jalan Melati No.35, Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali. Dijamin, sepatu kamu jadi bersih dan keren lagi!

Selamat berpetualang!

Postingan terbaru