Tips Membersihkan dan Merawat Sepatu Gunung!

Jakarta, Shoes and Care - Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan seribu gunung. Banyaknya opsi gunung dan pegunungan di Indonesia membuat hobi mendaki gunung sangat digemari. Selain karena menantang adrenalin dengan medan-medan perjalanannya, mendaki gunung menjadi sebuah aktivitas yang membuat kita merasa lebih “dekat” dengan Yang Maha Kuasa dan menghargai segala ciptaannya. Disamping itu, peralatan-peralatan untuk mendaki bisa dikatakan simple namun kuat dan tahan lama. Salah satu peralatan yang wajib dimiliki oleh para pendaki ialah sepatu gunung. Sepatu gunung bisa dikatakan memiliki bentuk dan karakteristik tebal, kuat, dan dipersiapkan untuk menerjang medan-medan yang berat. Maka itu cara merawat dan membersihkan sepatu gunung juga tidak bisa sembarangan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk merawatkan dan membersihkan noda-noda perjuangan di sepatu gunung!

Membersihkan Permukaan dengan Sikat Kasar

Berbeda dengan metode pembersihkan sepatu lainnya, sepatu gunung justru aman dan disarankan untuk menggunakan sikat kasar ataupun sikat gigi untuk membersihkan bagian permukaan sepatunya. Pasalnya, bulu dengan karakteristik yang kasar akan membantu membersihkan dan menurunkan kotoran-kotoran seperti lumpur yang membandel dengan efektif dibandingkan sikat dengan bulu yang halus. Pemilihan sikat kasar dibanding sikat halus ini juga bukan sembarangan, pasalnya sikat kasar juga mampu membersihkan sol sepatu gunung yang tebal dan kuat sehingga tingkat traksi dan keawetan sepatu tetap terjaga.

Cuci dengan Air dan Sabun Ringan

Kamu bisa mencuci sepatu gunung kesayanganmu dengan menggunakan air dibarengi dengan sabun-sabun ringan seperti deterjen dan sabun cuci tangan. Deterjen mengandung bahan aktif yang dapat mengangkat kotoran lebih efektif daripada sabun biasa atau bahan pembersih lainnya. Begitu juga dengan sabun cuci tangan yang bisa mengangkat noda minyak pada sepatu. Selain itu, keduanya sebagian besar memiliki bahan dan formulasi yang aman untuk kulit sehingga lebih aman digunakan untuk sepatu gunung jika sepatu nya memiliki bahan yang sensitif dan rawan rusak. Tapi, sebelum kamu menggunakan kedua bahan tersebut kamu harus pastikan dulu bahwa keduanya tidak mengandung pemutih ataupun bahan kimia keras lainnya yang dapat merusak permukaan sepatu. Pasalnya, kedua bahan tersebut dapat menyebabkan permukaan sepatu menjadi pucat, berubah warna, bahkan mengurangi kualitas dan keawetan sepatu gunung.

Hindari Mencuci dengan Mesin Cuci

Meskipun sepatu gunung didesain dengan karakterisik sepatu yang kuat dan tebal, bukan berarti kamu bisa mencucinya di mesin cuci ya! Pasalnya, mencuci sepatu gunung, bahkan sepatu apapun itu, bisa merusak bahan dan struktur sepatu gunung. Jadi, sebaiknya dihindari ya!

Jangan mencuci Bagian Dalam Sepatu!

Satu pantangan lagi yang harus kamu tau ialah jangan pernah mencuci ataupun merendam bagian dalam pada sepatu gunung! Pasalnya, bagian dalam sepatu umumnya terbuat dari bahan yang lebih sensitif seperti bahan berbulu ataupun bahan yang mudah rusak karena lembab. Selain itu, bagian dalam sepatu gunung juga terdiri dari struktur yang membantu memberikan support pada kaki dan menjaga bentuk sepatu. Apabila tidak dikeringkan dengan baik dan dibiarkan basah begitu saja tentu akan mengakibatkan deformasi dan sepatu akan kehilangan kekuatan pada strukturnya. Sebaiknya, apabila bagian dalam sepatu terasa bau dan tidak nyaman kamu bisa membersihkan cukup dengan lap yang sudah dibasahi dengan sabun ringan. 

Keringkan dengan Baik

Setelah membersihkan sepatu, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik. Jangan menggunakan pengering panas karena bisa merusak material sepatu. Biarkan sepatu kering secara alami di udara terbuka. Kamu bisa menggunakan kain atau handuk untuk menyerap sebanyak mungkin air yang berada di dalam sepatu. 

Itulah beberapa tips untuk merawat dan membersihkan sepatu gunung. Dengan perawatan yang tepat, sepatu gunung kamu akan tetap terawat dengan baik dan siap melibas medan-medan berat selanjutnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Postingan terbaru