Tips Memilih Sepatu Sepeda yang Pas!

Jakarta, Shoes and Care - Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang sedang digemari di masa sekarang. Ketika melakukan olahraga bersepeda, ada baiknya kamu juga memiliki peralatan dan perlengkapan sepeda yang sesuai untuk menunjang kenyamanan dan performa mu saat bersepeda. Salah satu perlengkapan bersepeda yang wajib kamu miliki adalah sepatu, sepatu sepeda menawarkan kenyamanan dan meningkatkan efisiensi pedal dan stabilitas saat mengayuh. Nah, dalam memilih sepatu untuk bersepeda ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan sebelum meminangnya. Berikut beberapa pertimbangan yang perlu kamu tahu sebelum membeli sepatu sepeda!

Jenis Sepatu Bersepeda

A. Sepatu Balap (Road Shoes)

Sepatu balap didesain untuk bagi kamu penyuka sepeda cepat dan mengedepankan efisiensi tenaga untuk mengayuh. Sepatu balap memiliki sol yang kaku untuk mentransfer daya secara efisien ke pedal. Secara desain sepatu balap memiliki desain yang aerodinamis dan berbobot ringan serta dilengkapi sistem pertalian yang simpel, seperti tali BOA System

B. Sepatu MTB (Mountain Bikes)

Berbeda dengan sepatu balap, sepatu MTB didesain untuk menghadapi medan yang keras dan beragam. Sepatu MTB memiliki sol yang lebih kasar dan tahan lama untuk memberikan cengkeraman yang kuat pada pedal sepatu dan tanah. Sepatu ini juga sering dilengkapi dengan cleat yang bisa dilepas.

C. Sepatu Urban atau Komuter

Sepatu urban atau komuter memiliki desain yang lebih kasual dan nyaman dibandingkan sepatu MTB dan sepeda balap. Sepatu sepeda urban didesain untuk pengendara sepeda yang menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi sehari-hari. Sepatu urban ini biasanya memiliki sol yang nyaman saat digunakan untuk berjalan, tetapi cukup kaku untuk memberikan efisiensi saat mengayuh.

Bentuk Kaki dan Ukuran

Setiap orang pastinya memiliki ukuran kaki yang berbeda-beda dan karakteristik nya masing-masing. Maka itu, sebelum membeli sepatu sepeda kamu sudah harus bisa menyesuaikan dengan bentuk kaki dan ukuran sepatu yang akan dibeli. Selain itu, beberapa brand sepatu sepeda mungkin lebih cocok untuk bentuk kaki tertentu daripada yang lain. Maka itu, sangat disarankan untuk mencoba terlebih dahulu beberapa opsi sepatu sepeda yang ingin kamu beli sebelum akhirnya memilih salah satu diantara sepatu itu.

Sistem Pengencangan

A. Velcro

Untuk sistem pengencangan pada sepatu sepeda ada Velcro. Velcro merupakan sistem pengencangan yang cepat dan mudah digunakan dan biasanya ditemukan pada sepatu entry-level dan sepatu komuter untuk kebutuhan bersepeda harian.

B. Gesper atau Buckle

Sistem pengencangan yang kedua menggunakan gesper atau buckle. Buckle menawarkan pengait yang lebih baik daripada velcro dan sering ditemukan pada sepatu balap dan sepatu MTB kelas menengah hingga tinggi. 

C. BOA Closure System

Untuk sistem pengencangan yang ketiga ada BOA. Boa Closure System menggunakan roda dan kawat stainless steel untuk memberikan penyesuaian yang presisi dan cepat. Sistem pengencangan ini sangat populer di kalangan pengendara sepeda balap dan high-performance.

Ventilasi

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam sepatu sepeda ialah ventilasi pada sepatu. Ventilasi menjadi pertimbangan penting dalam sebuah sepatu sepeda karena akan menentukan nyaman tidaknya sepatu dipakai saat sedang bersepeda. Ventilasi pada sepatu bersepeda penting untuk menjaga kaki tetap dingin dan kering selama perjalanan, terutama pada cuaca panas. Sistem ventilasi yang baik dapat membuat perbedaan dalam kenyamanan kamu saat berkendara.

Sol Sepatu

Ada dua hal yang perlu kamu perhatikan pada sol sepatu sepeda, yaitu kekakuan dan traksi pada bagian sol. Kekakuan sol sepatu bersepeda penting untuk mentransfer daya dengan efisien ke pedal. Sepatu balap biasanya memiliki sol yang lebih kaku dibandingkan dengan sepatu MTB. kemudian berbicara mengenai traksi, Sol sepatu MTB biasanya memiliki pola karet yang dalam untuk memberikan cengkeraman yang baik pada pedal dan tanah, sementara sol sepatu balap lebih fokus pada efisiensi pedal.

Bisa disimpulkan bahwa memilih sepatu bersepeda yang tepat merupakan langkah penting untuk meningkatkan kenyamanan, performa, dan keselamatan kamu saat bersepeda. Cobalah beberapa brand dan model sepatu untuk menemukan sepatu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Semoga informasi ini membantu!

 

Postingan terbaru