Tips Merawat Sepatu Berwarna Putih

Jakarta, Shoes and Care - Sepatu warna putih memang memiliki kesan tersendiri ketika kita memakainya. Warna putih pada sepatu memang menjadi salah satu pilihan warna yang menarik jika kamu ingin tampil keren. Tak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang memilih dan gemar menggunakan warna putih karena bisa tampil lebih keren dan ‘clean’.

Sepatu putih yang biasa kita kenakan untuk berjalan, pasti sangat mudah terkena kotoran jalanan atau kotoran lainnya yang menempel pada sepatu. Jika sudah kotor dan tidak cepat-cepat dibersihkan, maka lamban laun akan timbul noda-noda yang susah dibersihkan. Jika kamu sering menggunakan sepatu berwarna putih, pasti sudah tidak asing mengenai warna sepatu putih yang bisa berubah menjadi menguning atau yellowing. Sepatu putih yang menguning dapat menyebabkan rasa kepercayaan diri seseorang menjadi menurun. Lantas, apa penyebab sepatu putih menjadi menguning?

  1. Pembilasan yang kurang bersih. Pembilasan yang kurang bersih sangat berpotensi menyebabkan sepatu putih cepat menguning lho! Penting banget buat kamu untuk memastikan bahwa proses pencucian sepatu sudah benar-benar bersih sebelum dikeringkan. Tidak perlu terburu-buru saat mencucinya, supaya tidak ada bagian yang kotor tertinggal.
  2. Mencuci memakai deterjen. Jangan pernah memakai detergen untuk mencuci sepatu putih, kenapa? Karena mencuci dengan detergen dapat mengakibatkan luntur pada bagian upper sepatu. Selain itu, mencuci sepatu putih menggunakan detergen juga menyebabkan teksturnya menjadi lebih keras sekaligus mengakibatkan yellowing atau perubahan warna menjadi kuning.
  3. Jarang dibersihkan. Noda-noda yang menempel terlalu lama bisa menimbulkan yellowing pada sepatu putih. Jadi, kamu harus lebih rutin mencuci sepatu putih untuk meminimalisir potensi mengalami yellowing dan  juga menjaga sepatu agar awet. Tapi, cuci nya jangan pakai detergen ya!
  4. Metode penyimpanan yang salah. Kalau kamu menyimpan di kotak sepatu, disarankan untuk menyelipkan silica gel mencegah timbulnya jamur adalah supaya tidak mengalami yellowing.

Berikut empat penyebab utama kenapa sepatu putih bisa gampang menguning atau yellowing. Ada baiknya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu faktor penyebab sepatu putih gampang menguning sebelum kamu benar-benar ingin membeli sepatu putih ya! 

 

Tips Merawat Sepatu Berwarna Putih

Selanjutnya, gimana sih caranya untuk merawat sepatu warna putih agar bisa tetap bersih, keren, dan terhindar dari yellowing? Shoes and Care akan membagikan tipsnya dibawah ini!

1. Jangan Jemur Dibawah Langsung Matahari

Setelah mencuci sepatu putih, ada baiknya jangan menjemur sepatu di bawah sinar matahari. Karena sinar matahari dapat membuat warna sepatu menjadi kusam dan kusut. Selain itu, sinar UV yang dipancarkan oleh matahari akan mempercepat terjadinya yellowing. Kamu bisa mengakalinya dengan menjemur sepatu putih hanya diangin-anginkan saja. Apabila tidak digunakan, Sepatu putih sebaiknya disimpan di dalam rumah agar terhindar dari paparan sinar matahari, misalnya di dalam rak sepatu. 

2. Hindari Penggunaan Mesin Cuci

Pada dasarnya, mencuci semua jenis sepatu dengan mesin cuci bukanlah cara yang tepat, termasuk diantaranya sepatu putih. Proses mencuci sepatu menggunakan mesin akan berpotensi menimbulkan justru akan menimbulkan goresan pada sepatu. Ada baiknya, kamu bisa mencuci secara manual.

3. Mencuci Dengan Sikat yang Lembut

Apabila kamu ingin mencuci Sepatu putih, ada baiknya sepatu putih kamu dibersihkan dengan menggunakan sikat dan beberapa bahan pembersih. Usahakan sikat yang digunakan memiliki karakter bulu halus dan mampu menjangkau bagian sempit. Kamu bisa memanfaatkan sikat gigi bekas untuk melakukan pembersihan pada sepatu putih. Untuk media pembersihannya, selalu gunakan air hangat dan cairan pembersih khusus. Cairan pembersih alternatif nya bisa menggunakan pasta gigi, soda kue atau cuka putih. Tiga bahan ini bisa menjadi bahan membersihkan sepatu putih tanpa merusak lapisan terluar dari sepatu kamu.

4. Mencuci Tali Sepatu dengan Air Hangat

Eitss jangan kelewatan, kamu juga perlu memperhatikan area tali sepatu ya! Mencuci tali sepatu dengan mesin cuci juga hanya membuat tali sepatu terlihat kusam dan bisa membuat benang-benang kecilnya kusut. Lebih baik Saat mencuci sepatu, lepaskan tali sepatu dan rendam dengan air hangat. Rendam tali sepatu menggunakan air hangat yang sudah dicampur sabun selama 15 menit Setelah itu, gosok tali sepatu hingga bersih menggunakan air mengalir. 

5. Keringkan Menggunakan Lap Lembut atau Tisu

Jika sedang mencuci sepatu, pastinya akan terasa lembab di bagian insole ataupun outsole sepatu kamu. Jika dibiarkan saja, pastinya akan menimbulkan noda bercak-bercak dan berpotensi yellowing. Maka itu, biasakan untuk membersihkan permukaannya menggunakan tisu atau lap lembut. Cara membersihkan nya juga jangan digosok, melainkan di lap satu arah saja sehingga tidak menimbulkan lecet dan tidak merusak permukaan dari sepatu.

 

Itulah tips dan trik untuk merawat dan mencuci sepatu putih kamu agar tetap bersih dan terlihat seperti baru. Kamu bisa juga mempercayakan sepatu putih kesayanganmu untuk mendapatkan treatment pencucian kepada yang ahlinya, yaitu Shoes and Care. Shoes and Care telah berpengalaman lebih dari lima tahun dalam melakukan perawatan sepatu mulai dari deep cleaning, repaint hingga repair sepatu. Jadi, kalau sepatu kamu pengen selalu terlihat keren jangan lupa kunjungi cabang-cabang Shoes and Care terdekat ya!

 

Postingan terbaru