Tips Merawat Sepatu Knit!

Jakarta, Shoes and Care - Sepatu knit nampaknya masih menjadi salah satu sepatu yang banyak digunakan di tahun 2024 ini ya! Bagaimana tidak, sepatu ini terbuat dari bahan rajutan yang membuatnya lentur dan ringan saat dikenakan. Selain itu, sepatu knit ini sangat nyaman dan direkomendasikan untuk pemakaian harian karena empuk dan adem yang membuat kaki kita tidak merasa panas. Nah, karena sepatu ini biasa digunakan untuk kegiatan sehari-hari maka perawatannya harus tepat juga. Lalu gimana tips perawatan yang tepat untuk sepatu knit ini agar tetap awet dan nyaman digunakan? Simak penjelasannya ya!

Membersihkan Secara Berkala

Langkah pertama dan yang paling wajib kamu terapkan dalam merawat sepatu knit adalah dengan membersihkannya secara rutin dan berkala. Namun, untuk membersihkan sepatu knit ini juga tidak bisa sembarangan lho! Pertama-tama, kamu harus menggunakan sikat atau kain yang bertekstur lembut dan dibasahi oleh air hangat, gunakan sedikit sabun atau cairan khusus pembersih sepatu untuk membersihkan permukaan sepatu. JANGAN gunakan bahan pembersih yang keras atau abrasif karena dapat merusak permukaan sepatu, jika dipaksakan nanti akan timbul brudul-brudul pada bagian permukaan sepatu knit kamu. Rugi dong!

Menjaga Kelembaban

Salah satu hal yang harus kamu ketahui adalah sepatu berbahan knit ini rentan terhadap lembab. Maka itu sepatu knit harus tetap kering setelah digunakan, apalagi jika sudah terkena air hujan ataupun keringat. Nah, bagi kamu yang berinisiatif membersihkan sepatu knit (tentunya sesuai dengan saran poin diatas ya!) biarkan sepatu knit kering dengan sendirinya di udara terbuka dan jauh dari paparan sinar matahari secara langsung. Selain itu, hindari penggunaan hair dryer atau pemanas buatan lainnya dalam mengeringkan sepatu knit. Pasalnya, pengering buatan tersebut dapat merusak bahan-bahan dan permukaan dari sepatu knit itu sendiri. 

Hindari Pemakaian Secara Berlebihan

Meskipun sepatu knit sangat nyaman digunakan untuk harian, namun tidak menutup kemungkinan bahwa sepatu knit akan lebih cepat mengalami kerusakan apabila digunakan secara berlebihan. Saat situasi seperti ini, akan sangat disarankan untuk mempunyai sepatu lain agar penggunaannya bisa bergantian. Selain itu, sepatu dengan bahan knit tidak disarankan untuk penggunaan dengan medan yang berat seperti hiking,trail running ataupun kegiatan berlari. Gunakanlah sepatu sesuai dengan fungsinya dan pertimbangkan dengan matang untuk mempunyai sepatu lain agar bisa bergantian dan sepatu tidak cepat aus.

Lindungi dari Noda

Ketika ada noda di sepatu knit, noda tersebut harus cepat-cepat dibersihkan. Noda yang terlalu lama berada di bahan knit akan sulit dibersihkan, nantinya akan memperjelek penampilan dari sepatu knit kamu. Ketika sepatu knit kamu sudah bersih dan siap untuk digunakan, kamu bisa melapisinya dengan semprotan perlindungan noda sebagai proteksi tambahan bagi sepatu knit kamu.

Simpan dengan Baik

Saat tidak digunakan, sepatu knit sebaiknya disimpan di tempat yang kering dengan ventilasi yang baik. Menambahkan dari tips-tips sebelumnya, hindari menyimpan di tempat yang lembab dan jangan disimpan di dalam tas plastik. Penyimpanan yang asal dan jorok dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan bau yang tidak sedap pada sepatu knit, pada akhirnya sepatu knit akan rusak. 

Rutin Melakukan Pemeriksaan

Sebagai langkah terakhir dalam tahap perawatan sepatu knit, ada baiknya kamu untuk rutin melakukan pemeriksaan pada bagian-bagian sepatu knit yang kamu sering gunakan. Selain itu, perhatikan dari kualitas jahitan pada rajut apakah ada yang brudul dan berpotensi rusak atau tidak. Jahitan yang rusak pada sepatu jika tidak diatasi dengan cepat tentunya akan merusak sepatu ke tahapan yang lebih parah. Lakukan pemeriksaan secara rutin agar kamu bisa mendeteksi segala kerusakan lebih dini dan mencegah kerusakan yang lebih parah kedepannya.

Sepatu knit yang nyaman dan enak digunakan tentunya lahir dari perawatan yang baik dan penggunaan yang tidak berlebihan, hal ini pun berlaku pada semua jenis sepatu. Dengan melakukan perawatan yang baik dan benar, kamu bisa memperpanjang umur pemakaian dari sepatu knit kamu. Semoga tips ini berguna ya!

 

Postingan terbaru