Tips Merawat Sepatu Sepakbola

Jakarta, Shoes and Care - Sepakbola merupakan olahraga yang paling populer dan memiliki segudang historis di segala penjuru dunia. Begitu juga pun di Indonesia, sepakbola menjadi olahraga yang memiliki status dan gengsi tiada tanding dibandingkan olahraga lainnya. Mulai dari berbagai kalangan menyukai olahraga ini, bahkan dari anak-anak pun sudah ada sekolah sepakbola tersendiri. Terlepas dari olahraga yang sangat populer ini, tentunya harus dibarengi dengan perlengkapan yang memadai. Sepatu sepakbola menjadi peralatan yang wajib dimiliki ketika bermain sepakbola, terlebih lagi jika bermain di lapangan rumput. Selain itu, sepatu sepakbola juga harus dirawat sedemikian rupa agar tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Apa saja yang harus diperhatikan dalam merawat sepatu sepakbola? Mari kita bahas di artikel ini!

Bersihkan Secara Teratur!

Sepatu sepakbola sangat rawan kotor, apalagi jika bermain di lapangan yang basah ataupun berlumpur layaknya lapangan sepakbola Indonesia pada umumnya. Membersihkan sepatu sepakbola secara teratur merupakan langkah awal yang sangat penting dalam siklus perawatan sepatu sepakbola Setelah sesi latihan atau pertandingan, bersihkan sepatu kamu dari kotoran dan tanah menggunakan sikat yang lembut dan air. Pastikan untuk menghilangkan sisa-sisa lumpur atau rumput yang menempel di sol dan sisi sepatu, jika dibiarkan bersarang kotoran tersebut bisa merusak bahan sepatu. 

Keringkan dengan Benar

Tahap selanjutnya ialah pengeringan. Setelah dicuci, sepatu jangan dijemur dengan terkena sinar matahari langsung atau panas yang berlebihan ya! Metode penjemuran ini dapat merusak bahan kulit atau sintetis dari sepatu bola mu. Sebaliknya, biarkan sepatu mengering secara alami di udara dengan meletakkannya di tempat yang sejuk dan memiliki ventilasi yang baik. Jangan menggunakan pengering rambut atau alat pengering lainnya karena panas berlebih dapat merusak lem dan bahan sepatu.

Hindari Pemakaian di Luar Lapangan

Layaknya seperti sepatu khusus lainnya, sepatu sepakbola digunakan hanya di lapangan sepakbola saja dan sesuai dengan peruntukannya. Jangan memakai sepatu bila di luar lapangan, seperti ke mal, kondangan, atau nongkrong di coffee shop. Selain karena mempercepat kerusakan, bisa saja kamu akan di cap ‘aneh’ karena memakai sepatu bola ber gerigi di luar lapangan. Tengsin deh!

Gunakan Pelindung Sol

Menggunakan pelindung sol menjadi salah satu solusi yang menarik untuk memperpanjang masa pemakaian sepatu sepakbola. Pelindung sol merupajan lapisan tambahan yang ditempatkan di bagian bawah sepatu untuk melindungi sol dari aus akibat gesekan dengan permukaan lapangan. Mungkin saja penggunaan pelindung sol bisa mengurangi frekuensi penggantian sol sepatu.

Ganti Tali Secara Teratur

Tali sepatu mungkin terlihat seperti detail kecil, tetapi tidak ada salahnya untuk memastikan tali sepatu dalam kondisi baik untuk mempertahankan kenyamanan dan keamanan selama pertandingan. Ganti tali sepatu secara teratur jika terlihat brudul dan tidak kencang.

Sediakan Tempat Penyimpanan yang Baik

Semua sepatu layak untuk diberi tempat penyimpanan yang terbaik. Cara kamu menyimpan sepatu sepakbola juga bisa mempengaruhi umur pakainya. Simpanlah sepatu di tempat yang kering dan bersirkulasi udara baik, jauh dari kelembaban dan panas berlebih. Gunakan tempat penyimpanan khusus atau tas sepatu untuk melindungi sepatu dari debu dan kotoran yang dapat merusak sepatu.

Nah, dengan beberapa tips diatas kamu bisa menjaga sepatu sepakbola kesayanganmu dengan baik dan benar. Sepatu yang dirawat dengan sepenuh hati akan selalu terjaga kualitasnya dan bertahan dengan umur yang awet. Semoga artikel ini membantu!

 

Postingan terbaru