Bagaimana Menjaga Pola hidup yang Baik Selama Bulan Puasa?

Jakarta, Shoes and Care - Puasa 1 Ramadhan di tahun ini resmi dinobatkan pada tanggal 12 Maret 2024. Marhaban Ya Ramadhan! Senang sekali rasanya bisa bertemu dengan bulan suci ini. Omong-omong soal berpuasa, banyak orang yang memanfaatkan momentum bulan puasa untuk merubah gaya hidupnya lebih sehat dan lebih baik. Nah, kamu juga bisa memanfaatkan bulan suci Ramadhan untuk merubah pola gaya hidup kamu menjadi lebih baik. Gimana tips nya? Simak penjelasannya berikut ya!

Sahur yang Seimbang

Kegiatan yang sering kita rindukan selama bulan puasa adalah kegiatan sahur bersama keluarga dan teman-teman. Sahur sendiri merupakan kegiatan untuk makan dan minum sebelum masuknya waktu imsakpuasa dan adzan subuh. Kegiatan sahur ini bisa kamu manfaatkan untuk mengkonsumsi makanan mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, dan vitamin serta mineral penting. Makanan dengan kandungan baik seperti itu ditambah mengamalkan pola gizi yang seimbang bisa memberi kamu energi yang cukup untuk menjalankan ibadah puasa seharian.

Konsumsi Air yang Cukup

Hal penting yang terkadang terlewati adalah tingkat konsumsi air putih yang kurang sehingga tubuh terasa lemas dan merasakan dehidrasi. Maka itu, wajib untuk memenuhi tingkat hidrasi tubuh kamu agar selama ibadah puasa nanti kamu tidak mengalami dehidrasi. Pastinya kamu juga paham dan pernah merasakan bahwa dehidrasi saat berpuasa bisa mengakibatkan turunnya konsentrasi, badan lemas, hingga kelelahan berlebih. Maka itu, jangan lupa banyak minum air saat sahur dan setelah berbuka puasa ya!

Hindari Makanan Berlemak dan Berminyak

Meskipun enak, nyatanya makanan yang berlemak serta berminyak dapat menimbulkan rasa kenyang yang berlebihan dan berpotensi mengganggu pencernaan. Maka itu, usahakan untuk menghindari makanan yang tinggi lemak dan berminyak sehingga kamu dapat terhindar dari masalah pencernaan di kemudian hari. Oiya, buat kamu yang ingin diet saat bulan puasa, tips ini wajib banget kamu terapkan lho!

Jaga Asupan Gula

Tips ini juga sangat penting bagi kamu yang ingin merubah pola hidup sehat selama bulan puasa, yaitu jaga asupan kadar gula yang masuk ke tubuhmu. Hindari makanan dan minuman manis yang berkalori tinggi, seperti minuman bersoda dan makanan pencuci mulut yang mengandung gula diambang batas wajar. Selain dapat meningkatkan kadar gula darah jadi tinggi, asupan gula yang tidak wajar dapat meningkatkan resiko kegemukan dan bahaya kesehatan lainnya. Jangan abaikan kesehatan tubuh mu ya!

Kurangi Makanan Asin 

Makanan yang tinggi akan kandungan garam dapat meningkatkan resiko dehidrasi karena sifatnya yang menarik air dari tubuh. Kurangi, atau bahkan hindari makanan yang tinggi kadar garamnya seperti keripik, makanan kalengan, dan makanan cepat saji. Bayangkan jika kamu jarang minum air putih dan banyak makan makanan yang mengandung garam tinggi, pastinya tubuh akan mengalami dehidrasi akut dan resiko kesehatan lainnya akan muncul. 

Jaga Pola Makan yang Teratur

Disini pasti ada diantara kamu yang ketika berbuka puasa ataupun sahur suka makan secara berlebihan, bahkan sampai dipaksa untuk kenyang. Well, mulai sekarang kebiasaan itu dihindari ya! Katanya mau diet, kalo niat untuk diet otomatis kamu harus pintar dan disiplin untuk menjaga pola makan kamu secara teratur. Hindari makan dan minum yang berlebihan ketika berbuka puasa ataupun saat sahur. 

Olahraga dan Istirahat yang Cukup

Lakukan olahraga ringan di waktu yang tepat seperti sebelum sahur, sebelum berbuka, setelah berbuka, atau sebelum tidur. Jangan berolahraga secara berlebihan juga karena hal itu dapat meningkatkan resiko dehidrasi dimana saat itu tubuh kamu sangat butuh asupan cairan yang cukup. Lakukan olahraga ringan ditambah dengan istirahat yang cukup dan memadai. Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh untuk cepat pulih dan memperbaiki diri. Ingat, puasa yang menyenangkan adalah puasa dimana kamu bisa menjalankan ibadah dibarengi dengan memperbaiki pola hidup kamu menjadi lebih baik. Apalagi pada saat lebaran nanti kamu bisa mendapatkan berat badan yang ideal dan diet yang sesuai target, benar begitu?

Jaga Kualitas Tidur

Poin terakhir yang paling penting ialah tetap menjaga kualitas tidur kamu selama bulan puasa. Pastikan tubuh kamu mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas setiap malam. Kurang tidur dapat mengurangi energi dan produktivitas kamu selama puasa. Selain itu, tidur menjadi kriteria yang paling menentukan tubuh kamu agar tetap sehat dan sejalan dengan program diet kamu. Bukan hanya selama puasa saja, namun selama kamu hidup pun tidur harus dijaga selalu waktu dan kualitasnya. Biar apa? Biar tubuh kamu selalu sehat, bugar, dan siap menjalani hari-hari!

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga pola hidup kamu tetap sehat selama melakukan puasa di bulan suci Ramadhan ini. Ingat ya, semua tips ini tidak ada gunanya ketika kamu tidak disiplin dan niat untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Semangat dan selamat berpuasa!

 

Postingan terbaru