Penyebab Kapalan Saat Memakai Sepatu

Jakarta, Shoes and Care - Siapa disini yang kaki nya pernah kapalan? Kapalan atau callus merupakan masalah umum yang terjadi pada bagian jari-jari manusia yang disebabkan oleh tekanan dan gesekan secara terus menerus. Kapalan sendiri bisa terjadi di beberapa bagian kaki seperti tumit dan jari kaki. Selain itu, sela-sela jari tangan juga bisa mengalami masalah kapalan ini juga. Bagian yang mengalami kapalan biasanya ditandai dengan bagian kulit yang mengeras, menebal, dan bertekstur kasar. Namun demikian, kapalan ini rupanya merupakan reaksi alami tubuh melindungi bagian tubuh tersebut dari iritasi dan gesekan berlebih. Apa penyebab dari kapalan dan bagaimana untuk menghilangkan kapalan? Berikut ulasannya.

Penyebab Kapalan

Selain membuat kaki terlihat tidak bersih, seringkali kapalan menyebabkan rasa tidak nyaman ketika memakai sepatu. Adapula penyebab-penyebab timbulnya kapalan di kaki adalah:

  1. Friksi berlebihan. Salah satu penyebab utama terjadinya kapalan adalah terjadi friksi secara berlebihan antara permukaan dalam sepatu dengan kulit. Ketika kaki bergerak, terjadi gesekan-gesekan yang terjadi dapat menyebabkan iritasi pada kulit apabila sepatu tidak pas ukurannya dan terjadi gesekan yang tidak rata di permukaan kaki.
  2. Sepatu tidak cocok. Salah satu penyebab lainnya ialah pemilihan sepatu dengan ukuran yang tidak cocok. Sepatu yang terlalu ketat menyebkan tekanan berlebih pada area tertentu di bagian kaki, sementara sepatu yang terlalu longgar dapat menyebabkan gesekan yang tidak terkendali. 
  3. Lembab. Kaki yang lembab atau basah juga dapat meningkatkan resiko terjadinya kapalan. Kulit yang lembab sangat rentan terhadap iritasi dan gesekan, jadi sebelum memakai sepatu usahakan kaki mu kering dulu ya! 
  4. Kulit sensitif. Beberapa orang terlahir dengan tipikal kulit yang sensitif terhadap gesekan sehingga ketika kena gesekan sedikit saja bisa iritasi dan kapalan.
  5. Aktivitas fisik yang intens. Saat melakukan aktivitas fisik yang berat seperti berlari, tingkat gesekan antara bagian dalam sepatu dan kulit kaki semakin meningkat. Maka itu kaki pastinya akan mengalami kapalan, terutama jika kaki tidak memiliki perlindungan yang cukup atau jika sepatu tidak dirancang untuk aktivitas tersebut.

Menghilangkan Kapalan

Bagaimana jika sudah ada beberapa titik di bagian kulitmu yang sudah terkena kapalan? Ada beberapa tips untuk menghilangkan kapalan tersebut. Mungkin tidak akan hilang sempurna, tapi tentunya akan membuat kaki kamu tetap nyaman. Berikut tipsnya.

  1. Rendam kaki dengan air hangat. Rendam bagian kaki yang mengalami kapalan dalam air hangat selama sekitar 10-15 menit. Air hangat akan membantu melunakkan kulit yang mengeras, kamu juga bisa menambahkan garam epsom ke dalam air rendaman. Fungsi dari garam ini sebagai eksfoliator alami yang membantu melunakkan kapalan di kaki.
  2. Gunakan batu amplas atau pengikis kapalan. Setelah kaki direndam, gunakan batu amplas atau pengikis khusus kapalan untuk secara perlahan menggosok bagian kapalan. Lakukan dengan lembut dan hindari menggosok terlalu keras agar kaki kamu tidak terluka.
  3. Mengoleskan krim pelembap. Kamu juga bisa menggunakan krim pelembap untuk menghilangkan kapalan di kaki kamu. Gunakanlah krim pelembap yang mengandung amonium laktat, urea, dan asam salisilat, sebab kandungan ini dapat membantu melembutkan kulit kapalan secara perlahan.
  4. Gunakan plester kapalan. Ada plester khusus yang dapat digunakan untuk membantu melindungi kapalan dan mencegah gesekan yang menyakitkan dengan sepatu. Plester ini biasanya tersedia di apotek dan toko kesehatan.
  5. Menjalani prosedur pengikisan kapalan. Jika kamu ingin menempuh jalur medis, kamu bisa mulai dengan prosedur pengikisan kapalan. Prosedur ini dilakukan dengan cara menghilangkan kulit yang menebal dengan pisau bedah. 
  6. Menggunakan alas kaki yang sesuai. Seperti yang telah dipaparkan diatas, penggunakan sepatu atau sendal yang tidak pas dengan ukuran kaki dapat memicu terjadinya kapalan. Maka itu, usahakan untuk memilih dan menggunakan sendal atau sepatu yang tidak terlalu longgar dan sebaliknya. Sebagai tambahan, kamu juga bisa memberikan bantalan atau pelapis pada sepatu untuk mencegah iritasi lebih lanjut pada area yang kapalan. 

Kapalan pada kaki bisa hilang dengan sendirinya apabila gesekan pada area kulit tersebut berkurang. Dengan memahami penyebab kapalan serta bagaimana menghilangkan kapalan tersebut, semoga bisa menambah wawasan dan kewaspadaan diri untuk terhindar dari kapalan agar kamu makin nyaman memakai sepatu.

 

Postingan terbaru