Sepatu Lari Carbon Plate vs Full Cushion: Mana Yang Cocok Buat Kamu??

Jakarta, Shoes and Care - Kembali lagi dengan pembahasan seputar sepatu lari! Di zaman modern ini, sepatu lari banyak mengalami perkembangan dan inovasi teknologi yang amat sangat signifikan. Apalagi, sekarang sudah ada yang namanya sepatu lari carbon plate yang sangat membantu intensitas dan kemudahan berlari bagi para atlet atau pelari yang sudah ‘suhu’. Namun selain sepatu berbahan plat karbon, masih banyak sepatu lari yang berbahan full cushion lho! Lalu, apa perbedaan dari kedua sepatu lari tersebut? Dan apakah peruntukannya berbeda-beda? Mari kita bahas di artikel ini.

Keuntungan dan Kekurangan: Sepatu Carbon Plate

First of all, mari kita bahas sepatu lari berbahan carbon plate. Seperti yang sudah pernah dibahas di artikel-artikel sebelumnya, sepatu lari ini dirancang untuk meningkatkan performa pelari dengan memberikan respons cepat serta efisiensi energi yang dikeluarkan. Lalu apa kelebihan dari sepatu lari ini?

Keuntungan pertama sudah jelas efisiensi energi. Plat karbon yang ditempatkan di tengah-tengah sepatu memberikan daya stabilitas yang lebih baik dan membantu mendorong loncatan saat berlari. Lalu keuntungan kedua yang ditawarkan sepatu carbon plate ialah kecepatan yang dihasilkan. Selain membuat si pelari bisa melakukan efisiensi energi, sepatu ini tentunya terbukti menambah kecepatan lari dari si pemakai sepatu ini. Banyak pelari maraton dan atlet kelas dunia memilih sepatu dengan carbon plate karena dapat membantu meningkatkan kecepatan dengan less effort

Namun, dibalik keuntungan pastinya ada kekurangan dari sepatu carbon plate. Sepatu carbon memang terkenal dengan bobot yang sedikit lebih berat dibandingkan sepatu lari pada umumnya. Pasalnya, penambahan dari plat karbon tentu akan mempengaruhi berat keseluruhan dari sepatu ini. Kekurangan kedua, tentu saja dari segi harga. As we know, semakin canggih teknologi pada suatu barang maka akan semakin mahal harganya. Hal ini juga berlaku pada sepatu carbon plate dimana harganya tentu lebih mahal dibandingkan sepatu full cushion.

Keuntungan dan Kekurangan: Sepatu Full Cushion

Sepatu full cushion menjadi pilihan yang menarik apabila kamu masih pelari pemula. Sepatu lari dengan bahan full cushion sendiri merupakan sepatu lari banyak memberikan support kenyamanan pada kaki sehingga aman dan direkomendasikan bagi pelari yang masih pemula dan tidak terlalu mengejar pace. Apa kelebihan dari sepatu full cushion?

Sepatu full cushion menawarkan segi kenyamanan bagi kamu yang baru mulai berlari ataupun pelari rekreasional pada umumnya. Selain kenyamanan yang dimiliki, sepatu full cushion memiliki pelindung pada bagian sendi sebagai perlindungan khusus pada bagian persendian dan otot pada kaki. Jika kamu berkonsultasi pada pegiat olahraga lari ataupun trainer untuk mulai berolahraga lari, sudah pasti mereka akan menyarankan kamu untuk membeli full cushion dibandingkan langsung membeli sepatu carbon plate. Pasalnya, kaki kamu perlu menyesuaikan diri pada bentuk dan fitur sepatu lari sebelum akhirnya kamu akan merasakan berlari di sepatu lari kompetisi yang memiliki carbon plate didalamnya.

Lalu, apa kekurangan dari sepatu full cushion? Sepatu full cushion umumnya lebih berat daripada sepatu carbon plate, terutama jika memiliki teknologi tambahan seperti gel atau busa ekstra. Selain itu, sepatu full cushion mungkin kurang responsif dibanding dengan sepatu carbon plate sehingga penggunanya harus mengeluarkan effort lebih dibandingkan sepatu lari yang lain.

Pertimbangan Dalam Memilih Kedua Sepatu Lari

Pemilihan sepatu lari antara carbon plate maupun full cushion dapat bergantung pada jenis lari, tujuan, dan preferensi kamu pribadi. Apa yang harus kamu pertimbangan?

Sepatu Carbon Plate

Pertama, sepatu lari carbon plate sudah pasti cocok untuk kamu yang sudah berpengalaman dalam olahraga maraton atau lari jarak jauh. Sepatu dengan carbon plate sering digunakan oleh pelari jarak jauh karena dapat meningkatkan efisiensi energi dan membantu mengurangi kelelahan otot. Sepatu carbon plate juga cocok digunakan apabila kamu sedang melakukan lari cepat dan interval di mana kecepatan dan responsivitas sepatu sangat diperlukan. Yang terakhir, sepatu carbon plate sangatlah cocok digunakan untuk kamu yang memang merupakan seorang atlet lari profesional. Banyak atlet profesional yang berpartisipasi dalam balapan kompetitif memilih sepatu dengan carbon plate untuk meningkatkan performa dan kecepatan.

Sepatu Full Cushion

Lain halnya dengan sepatu carbon plate, sepatu dengan full cushion lebih cocok digunakan bagi kamu yang hanya ingin lari rekreasi dan latihan sehari-hari karena memberikan kenyamanan yang lebih baik dan perlindungan tambahan untuk kaki dan persendian. Kemudian, sepatu full cushion sangat cocok digunakan bagi pelari dengan bobot yang lebih berat. Sepatu full cushion dapat memberikan lebih banyak dukungan dan amortisasi yang bisa bermanfaat bagi mereka yang memiliki berat badan lebih berat dan memerlukan perlindungan tambahan. Meskipun tidak seserius seperti sepatu dengan carbon plate, sepatu full cushion dapat cocok untuk lari jarak pendek dan menengah di mana kenyamanan lebih diutamakan daripada kecepatan murni.

Pemaparan diatas kembali lagi kepada preferensi mu untuk menggunakan sepatu lari tipe apa, asalkan digunakan sesuai peruntukannya sebagai sepatu olahraga lari. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

 

Postingan terbaru